free stats 2 Pekan Sungai Batanghari Meluap, 3 Warga Jambi Tewas Tenggelam - kudiam.com

2 Pekan Sungai Batanghari Meluap, 3 Warga Jambi Tewas Tenggelam

Jambipos, Jambi-Tiga orang warga Jambi tewas tenggelam terseret derasnya arus sungai ketika melakukan altivitas di Sungai Batanghari. Diketahui, ketiganya mengabaikan larangan aktivitas di sana saat sungai tengah meluap.

“Selama dua pekan terakhir sudah ada tiga orang warga Jambi hanyut terseret arus sungai ketika melakukan aktivitas di Sungai Batanghari yang sedang meluap. Dua korban ditemukan tewas, dan satu orang masih dicari,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansah melalui Kepala Seksi (Kasi) Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jambi, Ismail di Jambi, Rabu (27/1/2021).

Menurut Ismail, satu korban tenggelam di Sungai Batanghari yang hingga Rabu belum ditemukan, yakni Ari (20), warga Desa Tengah Ulu, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. Korban tenggelam ketika perahu yang ditumpanginya bersama dua rekannya terbalik di Sungai Batanghari, wilayah Pulau Karim, Desa Bungkal, Kecamatan Pasar Tebo Tengah, Rabu (20/1/2021) malam pekan lalu. Sedangkan dua rekannya, Aris dan Nedi berhasil menyelamatkan diri dengan berenang ke tepian sungai.

“Satuan gabungan Basarnas Tebo dan BPBD Tebo hingga Rabu (27/1/2021) masih terus melakukan pencarian korban hingga radius 15 kilometer (km) dari lokasi kejadian. Kemungkinan korban sudah tewas karena sudah sepekan tidak ditemukan,”katanya.

Sementara itu, Majid (46) warga Desa Teluk Kembang, Kecamatan Bathin VIII, Kabupaten Sarolangun, Jambi yang tenggelam di Sungai Batangtembesi, anak Sungai Batanghari, Sabtu (23/1/2021) ditemukan tewas Selasa (26/1/2021). Jenazah korban ditemukan sekitar lima kilometer dari lokasi kejadian.

Dijelaskan, korban tenggelam terseret luapan Sungai Batanghari ketika buang hajat ke sungai di Desa Teluk Kembang. Diduga korban terpeleset ke sungai dan langsung terseret derasnya arus sungai yang sedang meluap. Saksiyang melihat korban terseret sungai keponakannya sendiri.

See also  Pantau Virus Corona, Pemkot Jambi Lakukan Koordinasi Dengan Rumah Sakit

Lebih lanjut dikatakan, seorang warga Desa Pasar Pelawan, Kecamatan Pelawan Sarolangun, Provinsi Jambi bernama M Madun (20) juga tewas tenggelam terseret luapan Sungai Batanglimun, anak Sungai Batanghari, Kabupaten Sarolangun, Senin (11/1/2021).

Korban tenggelam terseret arus Sungai Batanglimun yang sedang meluap, ketika berupaya menyelamatkan sepeda motornya yang terseret arus sungai. Sepeda motor korban hanyut ketika korban dan dua rekannya menerobos derasnya arus sungai yang meluap hingga ke jalan.

Dijelaskan, luapan Sungai Batanghari sudah sering menelan korban jiwa setiap musim banjir. Sebanyak enam orang warga Kabupaten Batanghari tewas tenggelam akibat terseret arus Sungai Batanghari selama tahun 2020. Kemudian pada tahun 2019, jumlah warga Jambi yang tewas tenggelam di Sungai Batanghari sebanyak delapan orang.

“Melihat masih sering terjadinya korban tenggelam di Sungai Batanghari setiap bencana banjir, kami kembali mengimbau warga masyarakat Jambi tidak melakukan aktivitas di daerah aliran sungai (DAS) Batanghari. Orang tua juga kami minta mengawasi anak-anak agar tidak melakukan aktivitas di tengah meluapnya Sungai Batanghari,” kata Ismail.(JP-SP)

 

Sumber: BeritaSatu.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.