free stats 5 Fakta Menarik Seputar Kentang yang Perlu Anda Ketahui Berikut Ini - kudiam.com

5 Fakta Menarik Seputar Kentang yang Perlu Anda Ketahui Berikut Ini

5 Fakta Menarik Seputar Kentang yang Perlu Anda Ketahui Berikut Inikudiam.com – hai gaes jumpa lagi sama admin disini yang akan memberikan informasi Kentang merupakan tanaman jenis umbi-umbian yang memilik keping biji dua atau dikotil. Tanaman dari suku Solanaceae ini berasal dari Amerika Perkumpulan dan udah dibudidayakan rakyat semenjak ribuan tahun yang silam.

Kentang jadi salah satu makanan pokok yang paling banyak diproduksi dan dikonsumsi di dunia. Harganyapun sangat murah dan terjangkau.

Kentang juga sering dikonsumsi rakyat Indonesia di dalam jenis makanan yang berupa kentang goreng, campuran sayur bening, sop, apalagi soto.

Sebagai makanan favorit banyak orang, ada sebagian fakta menarik dibalik umbi yang satu ini.

Kata kunci:

Berikut adalah 5 fakta menarik terkait kentang yang mesti anda ketahui.

1. Kentang sudah ditemukan sejak 2000 tahun yang lalu

Fakta menarik dari kentang yang pertama, yaitu kentang pertama kali ditemukan di wilayah pegunungan Andes di Peru oleh suku Inka, sekurang-kurangnya sejak 2000 tahun yang lalu sebelum kedatangan penjajah Spanyol.

Berawal dari ditemukannya dalam penggalian terdapat butiran pati kentang. Nama Potato berasal dari bahasa Inka yaitu ‘papa’ yang serupa dengan ‘batata’.

2. Kentang bisa beracun

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang cukup populer di Indonesia. Akan tetapi tahukah Anda ternyata kentang yang berubah warna menjadi hijau memiiki dampak berbahaya dan beracun, meskipun sudah diolah.

Kentang yang berubah warna menjadi hijau atau yang telah bertunas ternyata mengandung senyawa kimia glycoalkaloids.

Glycoalkaloids merupakan zat yang secara alami di hasilkan oleh tanaman yan berasal dari family Solanecae seperti kentang, terung, cabe dan sebagainya. Zat ini bersifat racun apabila di konsumsi dengan konsentrasi tinggi.

See also  Link Video Kerja Kelompok Viral di Tiktok

3. Permukaan kulit kentang tidak merata

Fakta menarik ketiga adalah permukaan kulit kentang tidak merata. Variasi permukaan kulit kentang ini dikarenakan dengan adanya tunas samping (aksilar) atau biasa dikenal sebagai mata.

Setiap mata adalah sekelompok tunas, lalu disetiap tunas mampu tumbuh menjadi batang yang baru. Kulit kentang sering mengelupas, hal ini terjadi karena umbi yang belum siap matang dan juga akibat dari pembentukan kuliat yang tidak memadai.

4. Dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat

Kentang memiliki rasanya yang enak banyak disukai oleh lidah orang Indonesia mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Mendapatkan nya pun mudah dan murah.

Kentang dapat diolah menjadi berbagai masakan seperti perkedel kentang, Sambalado kentang, kentang krispi, kentang goreng dan banyak lagi.

5. Bentuk dan warna kentang yang beragam

Bentuk dari tanaman kentang ini sangat beragam, akan tetapi yang sering dijumpai di daerah Indenesia hanyalah yang berbentuk bulat dan lonjong.

Padahal bentuk dari kentang ada yang kotak, memanjang maupun pipih. Warna kentang terdiri dari beberapa jenis yaitu ada yang berwarna kuning cerah, jingga, merah, maupun ungu.

 

Akhir kata

Demikian 5 fakta menarik seputar kentang yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.