free stats 5 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui - kudiam.com

5 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

5 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahuikudiam.com – hai gaes jumpa lagi sama admin disini yang akan memberikan informasi Rebung dalam bahasa latin disebut Dendrocalamus asper adalah bagian bambu yang masih muda dan biasanya dikonsumsi dan dibuat berbagai olahan.

Rebung merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya yang murah, rebung juga banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Rebung biasanya diolah dengan cara ditumis, semur, salad, atau di sayur bening, tentunya setelah diolah dengan baik. Rebung memiliki rasa yang enak dan cocok untuk menu makan.

Menurut penelitian, rebung mengandung antioksidan, vitamin, mineral, serat, protein, dan zat rendah lemak.

Rebung segar memiliki sejumlah besar vitamin A, B6, C, dan E serta kalsium, kalium, niasin, zat besi, folat, tembaga, seng, selenium, mangan, magnesium, fosfor dan tiamin.

Tak hanya berbagai nutrisi di atas, rebung juga kaya akan antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid. Berikut manfaat rebung untuk kesehatan tubuh yang sangat ingin Anda ketahui.

1. Melindungi jantung

Beberapa zat dalam rebung, seperti fitosterol dan fitonutrien juga dianggap ideal untuk melarutkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Dengan demikian, timbunan kolesterol di pembuluh darah dan risiko serangan jantung akan berkurang.

2. Sumber Protein

1.000 gram rebung memiliki sekitar 2 hingga 2,5 gram protein. Protein yang terdapat pada rebung terdiri dari tujuh belas asam amino esensial dan dua asam amino semi esensial.

Protein sangat bagus untuk memperbaiki sel dan merakit, dan menjaga jaringan tubuh. Berapa banyak protein yang diserap tubuh untuk menunjang, tergantung pada kondisi kesehatan.

3. Baik untuk diet

Jika dilihat dari kandungan gizinya, manfaat sayur rebung yang satu ini cukup jelas. Kandungan lemak, gula, dan natriumnya yang rendah menjadikannya makanan diet yang ideal.

See also  Perlu Diketahui Begini Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan, Apakah Tergolong Gejala Omicron?

Juga kandungan serat yang dapat membantu Anda merasa lebih cepat kenyang, sehingga mengurangi porsi makan.

4. Menurunkan risiko kanker

Antioksidan dalam rebung dapat meningkatkan kekebalan, tetapi juga memberikan manfaat lain melalui pencegahan risiko pertumbuhan ganas.

Seperti yang ditunjukkan oleh sebuah studi dari International Scholarly Research Notices, rebung memiliki zat yang dianggap memiliki sifat antikanker, seperti lignan dan fitosterol tertentu.

Kedua zat ini membantu menghambat perkembangan dan penyebaran sel penyakit dalam tubuh.

5. Mengontrol kadar kolesterol

Masih berhubungan dengan kesehatan jantung dan pembuluh darah, makan rebung juga memiliki manfaat yang besar sebagai penurun kadar kolesterol.

Serat dalam rebung membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Kadar LDL yang tinggi berhubungan erat dengan aterosklerosis, juga dikenal sebagai pengerasan arteri.

Dengan menurunkan kadar kolesterol jahat, darah bisa mengalir dengan lancar di pembuluh darah.

 

Akhir kata

Demikianlah 5 manfaat rebung untuk kesehatan tubuh yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.