free stats Apakah Bitcoin Legal di Indonesia, Simak Penjelasannya - kudiam.com

Apakah Bitcoin Legal di Indonesia, Simak Penjelasannya

Apakah Bitcoin Legal di Indonesia, Simak Penjelasannyakudiam.com – Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan data tentang apakah Bitcoin sah di Indonesia. Ini klarifikasinya.

Sebelumnya, bitcoin dan kripto lainnya telah menjadi isu hangat yang diperdebatkan di hampir semua bagian negara. Setiap negara memiliki cara tersendiri dalam mengelola aset digital ini. Misalnya, El Salvador mengizinkan Bitcoin sebagai alat pembayaran.

Sementara di beberapa negara lain, Bitcoin dan crypto lainnya hanya dikenakan sanksi sebagai aset investasi daripada sebagai sarana cicilan. Lalu apa yang bisa dikatakan tentang Indonesia? Apakah Bitcoin sah di Indonesia?

Apakah Bitcoin Legal di Indonesia?

Bitcoin dan beberapa cryptocurrency lainnya telah diumumkan halal di Indonesia sejak tahun 2019 oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengatur Perdagangan Berjangka (Bappebti). Meski halal, Bitcoin di Indonesia dianggap sebagai komoditas yang bisa ditukar, bukan sebagai alat cicilan.

Peraturan Bappebti telah melegitimasi bursa kripto Indonesia sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bappebti Nomor 5 Tahun 2019 tentang Ketentuan Organisasi Teknis Pasar Aset Fisik Kripto (Aset Kripto) di Pasar Berjangka.

Selain itu, Bappebti juga telah mengeluarkan peraturan terkait aset kripto yang dapat ditukarkan ke Indonesia. Hal ini tertuang dalam Peraturan Badan Pengatur Perdagangan Berjangka Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kepastian Daftar Aset Kripto yang Dapat Dipertukarkan di Pasar Aset Kripto fisik.

Dalam pedoman ini ada 229 One Bitcoin cryptos yang sah dipertukarkan Indonesia. Jadi bagi calon investor, coba cek legalitas crypto yang sudah terdaftar di Bappebti.

Kegiatan terlarang Bitcoin dan kripto atau barang haram lainnya sebagai sarana cicilan mengacu pada peraturan dalam UU No. 7 Tahun 2011 tentang uang, di telinga pasal tersebut dijelaskan, uang tunai yang dikeluarkan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) disebut Rupiah.

See also  Harga Naik Volume Turun Pertanda Apa? Simak Berikut Ini

Akhir kata

Demikian audit yang dapat kami sampaikan tentang Apakah Bitcoin Legal di Indonesia. Berikut klarifikasinya. Idealnya data di atas dapat membantu Anda yang saat ini sedang mencarinya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.