free stats Berikut Ini Metode Sublimasi : Pengertian, Prinsip Kerja, dan Contohnya - kudiam.com

Berikut Ini Metode Sublimasi : Pengertian, Prinsip Kerja, dan Contohnya

Berikut Ini Metode Sublimasi : Pengertian, Prinsip Kerja, dan Contohnyakudiam.com – hai gaes jumpa lagi sama admin disini yang akan memberikan informasi Pemisahan suatu kombinasi dengan sublimasi didasarkan pada kemampuan untuk menyublim suatu zat. Gabungan zat yang akan dipisahkan dengan cara sublimasi, salah satunya harus memiliki opsi untuk menyublim dan zat lainnya tidak dapat disublimasikan.

Sublimasi adalah perbedaan wujud dari padat ke gas atau dari gas ke padat. Jika partikel-partikel penyusun zat padat diberi kenaikan suhu melalui pemanasan, partikel-partikel tersebut akan berubah menjadi fase gas.

Kemudian lagi, jika suhu diturunkan dengan kondensasi, gas akan berubah menjadi padat sekali lagi

Strategi sublimasi diterapkan untuk memisahkan zat dari pengotor, sehingga diperoleh zat yang tidak tercemar. Kotoran akan tetap berada di kompartemen karena ketidakmampuannya untuk menyublim.

Syarat untuk memisahkan kombinasi dengan sublimasi adalah bahwa partikel yang dicampur memiliki perbedaan yang sangat besar pada tepi titik didih, sehingga mereka dapat menghasilkan uap dengan jendela kemurnian tinggi.

Dengan demikian, sublimasi juga dapat diartikan sebagai proses perubahan suatu zat dari fase padat menjadi uap, kemudian asap tersebut langsung mengembun menjadi padat tanpa melalui fase fluida.

Prinsip Sublimasi

Dalam skala industri, aturan fungsi sublimasi adalah memisahkan zat-zat yang mudah menyublim dengan sublimator sehingga menjadi gas atau uap. Gas yang dikirim kemudian dikumpulkan dan didinginkan sekali lagi.

Sementara itu, pedoman sederhana sublimasi pada skala lab adalah bahwa zat yang akan disublimasikan ditempatkan ke dalam (cangkir), ditutup dengan kaca arloji, labu sebagai pendingin, kemudian dipanaskan secara perlahan dengan api.

Baca juga:

See also  New Link Full Private Video Circulating Safaree Video Twitter Anne Heche Ellen Degeneres

Selanjutnya padatan akan menyublim menjadi uap dan pengotor tetap padat. Berkembangnya asap ini karena proses pendinginan (pengembunan) berubah sekali lagi menjadi padatan yang menempel pada dinding pendingin.

Bila tidak ada lagi zat yang menyublim, maka proses pemanasan dihentikan dan dibiarkan dingin agar fume frame menyublim semua,

Zat-zat yang dibentuk kemudian dikumpulkan dan diperiksa kemurniannya. Jika tidak murni, maka proses sublimasi dapat diulang untuk mendapatkan zat yang lebih bersih.

Contoh Sublimasi

Ilustrasi sublimasi yang paling mudah dilihat adalah proses pemurnian kapur barus dari pengotor. Kombinasi kapur barus dan pengotor dipanaskan sehingga kapur barus akan menjadi uap dan mengeras kembali setelah didinginkan.

Sublimasi juga bisa terjadi secara alami. Sublimasi alami adalah proses sublimasi yang terjadi secara alami termasuk proses alami. Model adalah sublimasi belerang yang terjadi di kawah gunung berapi.

 

Akhir kata

Demikian survei tentang pentingnya pemisahan campuran sublimasi, prinsip kerja, dan contohnya. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.