free stats Berikut Ini Pentingnya Dana Darurat Dalam Kehidupan - kudiam.com

Berikut Ini Pentingnya Dana Darurat Dalam Kehidupan

Berikut Ini Pentingnya Dana Darurat Dalam Kehidupankudiam.com – Pentingnya dana darurat seumur hidup – Jika Anda memiliki tujuan keuangan dalam jangka pendek dan panjang, Anda memiliki manajemen keuangan yang baik.

Untuk mencapai hal tersebut, tentunya Anda perlu mengetahui strategi investasi yang tepat. Tetapi tidak peduli seberapa baik kita merencanakan strategi keuangan kita, kejadian tak terduga sedang terjadi.

Itu sebabnya kami membutuhkan dana darurat.

Seperti namanya, dana darurat adalah uang yang dipisahkan untuk digunakan hanya pada saat-saat kritis dan mendesak.

Dengan menyimpan dana darurat yang cukup, Anda tidak perlu membayar kembali utang kartu kredit, pinjaman keluarga atau investasi saat terjadi kejadian tak terduga yang menghabiskan banyak uang.

Dana Darurat Sebagai Jaring Pengaman

Sebelum melanjutkan, pertimbangkan hal-hal berikut perihal dana darurat yang harus Anda ketahui:

  • Dana darurat disimpan di dalam bentuk instrumen keuangan yang amat likuid, layaknya tabungan, supaya gampang diambil kapan saja
  • Dana darurat tidak digunakan untuk pembelian yang direncanakan, seperti area tinggal, mobil baru, biaya pendidikan, dll.
  • Jumlah dana darurat idealnya harus dihitung dari biaya operasi.
  • Jumlahnya tidak sama untuk semua orang, itu bervariasi tergantung pada gaya hidup Anda.

Dana darurat memang dimaksudkan untuk menjadi jaring pengaman, sehingga untuk mencegah rencana keuangan Anda ambruk di saat genting.

Keadaan darurat yang dimaksud misalnya Anda membutuhkan pengobatan yang tidak ditanggung oleh asuransi, Anda atau anggota keluarga Anda mengalami kecelakaan, tiba-tiba Anda harus membeli pesawat, biaya yang sangat mahal untuk menjenguk saudara yang sakit dan sejenisnya. .

Dalam kasus terburuk, Anda mungkin tiba-tiba dipecat atau Anda memutuskan untuk berhenti.

Anda sekarang dapat menggunakan dana darurat ini untuk bertahan hidup mencari sumber pendapatan baru. Memiliki dana darurat bisa menenangkan pikiran di tengah lika-liku yang tidak pasti.

See also  Ini Adalah Neo Plus Aplikasi Penghasil Uang, Apakah Aman?Berikut Penjelasan Nya

Berapa jumlah dana darurat yang harus dinaikkan?

Kebutuhan dana darurat seseorang akan berbeda berasal berasal dari situasi ke kondisi. Misalnya, Anda punya keluarga dan Anda punya tiga anak, tentu saja, jumlah dana darurat yang Anda butuhkan akan lebih besar daripada teman anda yang masih lajang.

Lebih berasal dari satu besar ahli keuangan setuju bahwa dana darurat yang terisi penuh kudu berjumlah tiga hingga delapan bulan berasal berasal dari pengeluaran bulanan.

Lebih dari satu pakar keuangan, seperti Dave Ramsey, lebih bahagia menghabiskan tiga hingga enam bulan.
Suze Orman, seorang ahli keuangan dan penulis Amerika, lebih suka menghabiskan delapan bulan untuk persiapan penuh dana darurat.

Apakah Anda Baru Saja Mulai? Siapkan dana darurat secara perlahan

Tidak ada kata terlambat untuk menambah manajemen Anda. Mulailah membuat dana darurat sebanyak yang Anda bisa, bukan hanya dari penghasilan bulanan Anda

Pisahkan akun dari akun pedagang. Misalnya, menghabiskan 10 persen dari gaji Anda juga tidak masalah. Artinya konsisten sampai dana darurat terseleksi sepenuhnya.

Tujuannya adalah untuk menjalankan dana darurat dari jumlah yang sedikit agar lebih mudah dalam berlari dan disiplin. Dengan disiplin mengalokasikan uang untuk dana darurat, Anda akan terbiasa menghadapi situasi keuangan yang kritis tanpa kehilangan kabut. Baca juga tips manajemen penggajian untuk lulusan baru.

Bisakah saya menyimpan dana darurat dalam bentuk investasi?

Bisa jadi Anda yang sudah mengetahui instrumen investasi tidak akan tahan melihat uang “idle” dan ingin segera berinvestasi untuk menghasilkan return.

Anda dapat menginvestasikan uang dalam penggalangan dana, obligasi, atau bahkan pinjaman peer-to-peer. Apakah itu bijaksana?

Jika ingin menambah aset investasi, Anda harus menentukan anggaran dana darurat. Idealnya, dana darurat harus diinvestasikan dalam instrumen keuangan yang likuid secara hukum, seperti tabungan.

See also  Cara Untuk Mengganti Kata Sandi Di Instagram

Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkannya kapan saja dan kapan saja. Sedangkan jika Anda menginvestasikan uang, akan memakan waktu beberapa hari bagi Anda untuk kembali.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.