free stats Bupati Tanjung Jabung Barat Launching Batik Khas Tanjab Barat - kudiam.com

Bupati Tanjung Jabung Barat Launching Batik Khas Tanjab Barat

Jambipos, Tanjabar- Untuk meningkatkan perekonomian usaha kecil masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat terutama pengrajin batik di Daerah ini, Pemerintah mewajibkan para pejabat, ASN dan pegawai honorer di lingkup Pemda, untuk memakai baju batik khas Tanjab Barat. Hal ini disampaikan Bupati Tanjab Barat. Drs H Anwar Sadat, M. Ag ketika melaunching pemberian batik oleh Diskoperindag buat Dinas dan OPD di Tanjab Barat, Kamis (8/4/2021).

Pada kesempatan ini, dalam arahannya Bupati menyampaikan, bangga atas keberhasilan warga mengangkat kearifan lokal dibidang batik. Di masa pandemi Covid 19 sekarang, upaya Ini sangat baik sekali, terutama untuk mendongkrak ekonomi kerakyatan.

Usaha Pemerintah Daerah dalam membantu ekonomi kerakyatan itu, berupaya mempromosikan batik khas Tanjab Barat di tingkat Provinsi maupun Nasional, selain mewajibkan bagi pejabat, ASN dan pegawai honorer di lingkup Pemkab Tanjab Barat, ‘hanya memakai baju batik’ khas Kabupaten Tanjung Jabung Barat saja, baju batik dari Daerah lain, tidak ada lagi dipakai di Daerah ini.

Dengan adanya larangan seperti itu, maka produksi batik di Daerah ini, bisa meningkat dan berkembang lagi”, ujar Bupati.

Dengan harapan semua pihak dapat mempromosikan dan melestarikan batik daerah serta menciptakan UMKM yang berdaya saing. Launching tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Tanjung Jabung Barat, juga Wakil Bupati, Hairan, SH, Sekda, Ir H Agus Sanusi, Kapolres, AKBP Guntur Saputro, M.Hum, Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, S.l.P, Forkopimda, para Kepala OPD di lingkup Pemkab Tanjung Jabung Barat.

Usai acara Bupati, Drs H Anwar Sadat,M.Ag mengatakan ada beberapa batik khas Tanjung Jabung barat yang di launching hari ini. Batik-batik tersebut memiliki motif unik yang melambangkan ke’khas’an Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

See also  Cegah Covid-19, Babinsa Pelda Sohirun Penyemprotan Disinfektan

“Seperti batik corak kopi liberika, udang ketak dan buah pidada, kapal laut” ucap Bupati, Kamis (8/4/2021). Selain itu, “akan saya, himbau, setiap instansi yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat akan di wajibkan memakai batik khas Daerah ini, setiap hari Kamis.

“Nanti kita akan wajibkan setiap instansi yang ada di Tanjab Barat itu buat batik khas Tanjung Jabung Barat, jadi selain mendongkrak ekonomi kita juga mempromosikan batik khas Daerah kita di Daerah sendiri”, tegas Bupati.

Selain launching batik, Bupati Tanjung Jabung Barat, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Forkopimda, dan Kepala OPD lingkup Tanjung Jabung Barat juga berkesempatan ikut serta dalam proses membatik di rumah Adibinjai salah satu rumah batik yang membuat batik khas Tanjung Jabung Barat di Jl Panglima Kuala Tungkal.(JP-Chy)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.