free stats Cakades Kubang Gedang Gugat Panitia Pilkades - kudiam.com

Cakades Kubang Gedang Gugat Panitia Pilkades

Jambipos.id, Kerinci- Calon Kepala Desa (Cakades) Kubang Gedang, Kecamatan Depati VII, Kabupaten Kerinci, menggunggat Panitia pemilihan Kepala Desa (Pilkades) ke Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kerinci.

Noverial Calon Kepala Desa (Cakades) Kubang Gedang, menuding panitia Pilkades bersama pemenang Pilkades Fardi Amran telah melakukan perbuatan melawan hukum.

Saat hal ini dikomfirmasi Jurnalis JambiPos dan diminta keterangannya pada (04/05) Noverial mengatakan, “Dugaan perbuatan melawan hukum yang dilaporkan olehnya, terkait dugaan penggelembungan suara dan rekayasa suara

“Kami mempunyai bukti nama orang-orang yang saat pemungutan suara tidak berdomisili didesa ini dan sudah terdaftar di DPT desa Lain, dan ada juga warga yg memiliki Dokumen Ganda Bahkan ada juga yang tidak memenuhi syarat untuk memilih.

Tetapi kok bisa namanya didaftar pencoblos di TPS. Ini kan jelas perbuatan melawan hukum, karena adanya rekayasa suara,” kata Noverial, Cakades Nomor urut Dua tersebut.

Noverial mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan protes kepada panitia soal hal tersebut saat pemilihan yang berlangsung hari Selasa (06 April 2021). Bahkan Noverial menolak menandatangani berita acara penghitungan suara karena adanya dugaan penyimpangan tersebut.

“Adanya rekayasa dan penyimpangan tersebut menguntungkan pihak Cakades Fardi Amran dan merugikan kami” tutur Noverial sambil menunjukkan beberapa bukti nama-nama yang menggunakan hak pilih, tetapi secara faktual orang tersebut tidak berhak memilih di Desa Tersebut.

Noverial menegaskan bahwa tindakan PANITIA PELAKSANA PILKADES dan CAKADES pemenang Fardi Amran jelas melanggar :

[1] Pasal 31 ayat (1) dan (2) UU Desa

[2] Pasal 32 ayat (1) UU Desa

[3] Pasal 32 ayat (2) UU Desa

[4] Pasal 32 ayat (4) UU Desa

[5] Pasal 34 ayat (1) UU Desa

See also  Bupati Safrial Mulai Kegiatan Panen Ikan Sungai Lubuk Larangan Raja Gagak Dusun Mudo

[6] Pasal 34 ayat (6) UU Desa

[7] Pasal 37 ayat (1) UU Desa

[8] Penjelasan Pasal 41 ayat (7) PP 47/2015

dan Tata Tertib Penyelengaraan Pemilihan Desa.

Oleh karenanya, pihaknya mendesak agar pihak-pihak terkait untuk menunda proses pilkades pasca-penghitungan suara, sampai ada kekuatan hukum tetap dari PN.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Panitia Pilkades Desa Kubang Gedang, Gusnadi (07/04) melalui via Handphone Membenarkan tentang Cakades Nomor urut Dua yang tidak menandatangani Berita Acara Penghitungan Suara Pilkades Desa Kubang Gedang.

Dikonfirmasikan tentang adanya gugatan dugaan pelanggaran hukum Pilkades Gusnadi Belum bisa memberikan keterangan karena belum ada konfirmasi langsung dengan Cakades bersangkutan “iya saksi nomor Dua tidak menandatangani” Gusnadi mengungkapkan.

“Saya tidak tahu juga data yang ganda, coba kita lihat dulu.” ia menambahkan. gusnadi juga tidak tahu tentang gugatan terkait hasil Pilkades di Kabupaten Kerinci,”

Seperti diketahui, Pilkades serentak telah digelar di 132 desa di Kabupaten Kerinci, Jambi, pada Selasa (06/04/2021) lalu. Dan Ada beberapa Desa yang terjadi sengketa yang masih bergulir sampai saat ini.

Noverial menambahkan ia juga sempat memenuhi Beberapa kali panggilan setelah ia memberikan laporan pelanggaran secara tertulis kepada instansi terkait untuk melalui tahapan-tahapan pemeriksaan

” sesuai dengan laporan Pelanggaran yang kami tujukan kepada Panitia Pelaksana Pilkades Desa Kubang gedang yaitu melalui Kantor Camat Depati tujuh, tembusan Pemdes Kabupaten Kerinci, Inspektorat, Polres dan Kantor Kejaksaan Kerinci, Kami sudah memenuhi Panggilan pemeriksaan Dua kali di Kantor Kecamatan Depati tujuh dimintai keterangan dan telah dilimpahkan ke Pemdes  Kabupaten Kerinci juga telah memenuhi satu Kali pemanggilan” terang Noverial.

” Didalam Ruangan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemdes Kabupaten Kerinci dan Kabag Hukum Setda Kerinci, Kepala Badan  Kesbangpol, Asisten Satu Kabupaten Kerinci, Kepala Dinas  Dukcapil Kabupaten Kerinci dan didampingi oleh beberapa staf untuk memenuhi proses tahapan yang mana pembahasan tersebut adanya usaha mediasi dari Pihak Pemerintah tersebut diatas agar berdamai saja”

See also  Banyak Masjid di Jambi Gelar Salat Idulfitri Berjemaah

Ia menerangkan bahwa Pertemuan tersebut diadakan diruangan Kepala Dinas Pemdes yang mana didalam pembahasan tersebut Noverial ditanyakan tentang gugatan yang dilakukannya dan diminta kesediaannya untuk mau berdamai saja namun Noverial tidak mau berdamai dan akan mengikuti proses tahapan selanjutnya.

“Kita Masih menunggu Hasil sengketa ini melalui tahapan yang ditentukan, terbukti atau tidak menunggu hasil tim Kabupaten Kerinci untuk turun kelapangan dan menelusuri gugatan yang Kita Ajukan, dan ada Beberapa LSM dan Media yang akan mengawal Kasus Pelanggaran ini” terang Noverial.

Dikonfirmasi terpisah (04/05) Novi Saputra mewakili Pihak Media dan LSM yang mengawal proses gugatan tersebut juga dengan nada yang sama menerangkan bahwa Benar adanya gugatan dari Cakades Desa Kubang Gedang Nomor urut dua atas Nama Noverial yang menggugat Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa Kubang Gedang Kabupaten Kerinci.

“Untuk Menciptakan Pemimpin yang Bebas KKN maka harus di awali dengan cara cara yang bermartabat dan sportif, Jangan ada kecurangan yang terjadi disaat Pemilihan Berlangsung, ini yang terjadi di Pilkades Desa Kubang Gedang, ditemukan beberapa bukti pelanggaran yang memenuhi syarat pelaporan kami, sekarang masih menunggu tahapan dari Tim Kabupaten Kerinci untuk Menelusuri dan menuntaskan Kasus Pelanggaran ini.

Kami sebagai Pihak Media dan LSM akan terus mengawal jika proses ini terhenti dan dimana terkendalanya akan kami usut tuntas, jangan sampai pelanggaran serupa terulang kembali di Pemilihan selanjutnya,” pungkasnya. (JP-CR01)

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.