free stats Cara Memilih Saham untuk Pemula - kudiam.com

Cara Memilih Saham untuk Pemula

Cara Memilih Saham untuk Pemulakudiam.com – hai gaes jumpa lagi sama admin disini yang akan memberikan informasi Bagaimana memilih saham untuk pemula Saat pertama kali memasuki pasar modal, kita masih ingat pesan yang kita kirimkan ke sekuritas, “Ada 600 perusahaan di pasar modal, pilihlah dengan hati-hati.” Bener gan, ane bingung mau beli emiten yg mana.

Semua orang merasakannya, sampai saya membelinya secara acak. Saya tidak tahu mengapa saya membeli saham itu. Efeknya hancur. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan panduan cara memilih saham untuk pemula.

Fakta di Pasar Modal di Indonesia

Hingga akhir tahun 2019, tercatat ada 668 perusahaan yang terdaftar di pasar modal. Menjelang akhir tahun 2020 lebih dan itu hanya puncak gunung es. Di antara jumlah perusahaan, ada banyak sektor, ditambah sub-sektor di pasar modal.

Ternyata di pasar modal ada sektor, tapi jenis saham. Beberapa tidak terlalu dinamis, sehingga sulit untuk menjualnya. Ada saham yang hangus, sulit diramalkan, pergerakannya liar. Lihat lebih jauh ke dalam stok menyengat di sini.

Ada juga saham level satu, level dua, dan level tiga. Ini adalah saham dengan kualifikasi khusus yang terkadang jarang diketahui orang. Masalahnya adalah bahwa membeli beberapa yang tidak dapat diterima akan menghasilkan untung atau rugi.

Cara Memilih Saham untuk Pemula

Jika Anda seorang pemula, nasihat pertama kami adalah jangan pernah menghubungi saham hangus. Ibarat bergabung dengan komunitas pendaki gunung, jangan langsung memilih Jaya Wijaya. Pilih yang lain dulu.

Tetapi seringkali orang ingin cepat kaya, sehingga mereka dengan cepat makan kaldu dengan kolesterol tinggi. Karena awam mengenai seluk beluknya. Yang terjadi adalah tergelincir.

See also  New video leaked of Thatgurlgg1 Santosogerio in twitter and reddit Terbaru

Kedua, membeli saham yang dipertukarkan secara efektif. Mungkinkah ada unsur, antara saham paling dinamis dan saham dengan transaksi hari demi hari yang tenang. Pemula biasanya perlu cepat menjual dan membeli. Mengumpulkan saham yang terbengkalai, menyulitkan Anda untuk dijual kembali.

Ketiga, eksploitasi indeks yang umumnya diarahkan. Seperti LQ45, inilah 45 perusahaan terbaik di pasar modal. Yang diperhatikan adalah konsistensi organisasi dalam menghasilkan keuntungan, kapitalisasi pasar, dll. Artinya dari 668 yang terpilih, baru 45 yang terpilih.

Saat ini Anda hanya perlu memilih di antara 45 perusahaan terbaik. Tidak ada alasan kuat untuk repot membaca ringkasan anggaran. Pilih lima, atau tujuh. Atau sebaliknya jika dirasa terlalu sedikit, pilih file Kompas 100, jumlah perusahaan 100. Selain itu masih banyak indeks lainnya.

Keempat, jangan mendapatkan beberapa perusahaan. Di pasar saham, tidak mungkin untuk mendaki semua pada waktu yang sama. Pasti ada yang turun dan ada yang naik. Misalnya, selama virus Corona, saham yang naik adalah kesehatan, perbankan runtuh. Di pasar modal begitu.

Jadi kalau hanya beberapa perusahaan, ketika minus, Anda cepat merasa stres. Karena setiap satu dari saham Anda adalah minus. Tetapi jika yang satu minus, yang lain surplus, maka ada sensasi ketenangan. Istilah diversifikasi.

Kelima, tetapi jangan membeli saham dalam jumlah banyak. Bagaimana memilih saham untuk pemula seperti itu. Anda berjuang untuk mengawasinya. Ditambah lagi manfaatnya akan sangat sedikit dirasakan. Misalnya, uang tunai Anda 5 juta, tetapi Anda membeli 20 saham, maka mungkin Anda mendapatkan satu saham seharga 200.000. Bahkan jika meningkat 10%, itu hanya akan meningkat 20.000. Cobalah untuk tidak merasa.

Lebih baik membeli antara 5-7 saham saja. Satu lembar bisa bernilai 1 juta rupiah. Sangat bagus jika naik 10%. Bahkan kami, ketika semua dikatakan dan dilakukan, ketika modal di atas puluhan juta, kami masih tidak memegang saham sebanyak itu, batas 10. Untung rugi terasa, hehehe.

See also  Kenali Berikut Tiga Ciri Dari Broker Forex Yang Akan Menipu

Keenam, pembelian di berbagai sektor. Faktanya adalah bahwa ketika Anda membeli saham, pilihlah di satu sektor organisasi yang memungkinkan. Misalnya di pertambangan ANTM, batubara ADRO. Cobalah untuk tidak mendapatkan satu sektor tiga perusahaan. Bahkan jika itu sangat menarik bagi Anda.

Misalnya, saya pernah melihat portofolio seseorang, 70% diisi dengan saham perbankan. Tiba-tiba IHSG terkontaminasi virus Corona. Apa yang terjadi selanjutnya Anda bisa mengerti, seluruh portofolio berwarna merah tua.

Ketujuh, cara memilih saham untuk pemula adalah memahami pola pikir sebagai investor atau broker. Pilih gaya berinvestasi Anda, karena keduanya sangat mempengaruhi bagaimana Anda mengambil posisi pada setiap sentimen yang terjadi di pasar modal.

Investor berinvestasi dengan rentang waktu yang sangat lama. Sedangkan pedagang melakukan jual beli dalam jangka pendek. Ada konsekuensi dalam memilih saham untuk pemula. Harus menjadi cara yang benar untuk memilih saham untuk pemula.

Jangan Buru-buru Membeli Jika Investor Pemula

Jika Anda masih merasa seperti seorang amatir, lebih baik menahan diri dalam memilih saham. Jangan hanya masuk seperti yang kami lakukan. Lebih baik terus-menerus meneliti selama beberapa minggu dan memilih saham yang tepat. Bukannya buru-buru beli tapi ternyata longsor terus menerus.

Oleh karena itu, saya selalu menekankan bahwa memasuki pasar modal, Anda harus menyiapkan uang tunai, tetapi juga menahan diri dalam berinvestasi pada dana yang Anda miliki. Berikut tips memilih saham untuk pemula.

 

Akhir kata

Cukup sekian informasi kaliini semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.