free stats China Kembali Menyerang dengan Virus Mematikan! - kudiam.com

China Kembali Menyerang dengan Virus Mematikan!

Jambipos-Baru-baru ini, dunia kembali digemparkan dengan munculnya virus asal negeri tirai bambu. Virus yang menyerang saluran pernafasan ini sukses meresahkan masyarakat hampir diseluruh dunia. Pasalnya, wabah ini sudah mulai menyebar ke hampir seluruh Negara di dunia, bermula dari kemunculannya di kota Wuhan, China, dan berhasil menginfeksi ratusan orang disana. Virus ini disebut dengan virus corona atau Corona Virus.

Virus Corona adalah kelompok besar virus yang umum ditemukan pada hewan dan bersifat zoonotik. Menurut US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus tidak hanya menyebar antar hewan. Artinya, virus corona atau corona virus bisa menyebar dari hewan ke manusia. Virus ini memiliki kedekatan dengan virus SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndrome).

Virus yang penyebarannya dimulai dari hewan ke manusia tersebut kini memiliki nama baru yaitu Novel Coronavirus (2019-nCoV). Hingga saat ini belum bisa dipastikan fatalitas serangan corona virus pada manusia. Namun, serangan corona virus atau virus corona dari Wuhan China ini, telah menginfeksi sedikitnya 570 orang di seluruh dataran China.

Corona virus menyerang siapa saja namun risiko lebih besar pada orang dengan daya tahan tubuh lemah, misal anak kecil dan orang tua. Serangan coronavirus pada orang dengan sistem imun lemah bisa mengakibatkan infeksi saluran pernapasan bawah yang lebih serius. Penyakit akibat infeksi saluran pernapasan bawah adalah pneumonia atau bronkitis.

Penyebaran virus corona terbilang cukup cepat karena virus ini dibawa oleh manusia seperti layaknya penyakit flu. Hampir seluruh Negara juga telah memberitahukan warganya untuk bersiap-siap melawan virus ini, khususnya bagi warganya yang tinggal di China, Indonesia salah satunya. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, terus berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing terkait penyakit ini. Terlebih, ada ribuan mahasiswa asal Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Negara tersebut.

See also  Jelang Idulfitri, Presiden: Pastikan Protokol Kesehatan Tetap Dijalankan Secara Ketat

Saat ini, akses menuju Negara China ini sedang dibatasi. Terutama akses dari dan menuju kota Wuhan. Masyarakat Wuhan dilarang untuk pergi meninggalkan kota Wuhan melalui akses manapun. Otoritas China benar-benar menutup atau mengisolasi kota yang menjadi pusat wabah virus mematikan ini untuk mengendalikan wabah yang telah menyebar ke negara-negara lain.

Perayaan festival tahun baru Imlek juga terpaksa dibatalkan oleh pemerintah untuk menghindari banyaknya masyarakat yang berkerumun di suatu lokasi. Pemerintah juga memerintahkan seluruh warganya untuk mengenakan masker jika akan berpergian keluar.

Selain keresahan masyarakat di dunia, dampak virus ini juga berpengaruh ke kegiatan perekonomian beberapa Negara. Virus yang telah menyebar ke beberapa Negara di dunia ini menyebabkan banyak orang yang membatalkan kunjungan ke Negara-negara yang disebutkan terjangkit virus tersebut. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh pada menurunnya pendapatan bagi Negara-negara yang terdampak.

Corona virus Wuhan hingga sekarang lebih sering ditemukan pada orang tua meski riset masih terus dilakukan. Pasien coronavirus Wuhan kebanyakan berusia lebih dari 40 tahun dan belum ditemukan pada anak-anak.(JP-Penulis Adalah Mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN Jakarta).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.