free stats Ini Lah Cara Nya Bagaimana Untuk Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis Anda. - kudiam.com

Ini Lah Cara Nya Bagaimana Untuk Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis Anda.

Mengenal Apa Itu Domain? Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat situs (IP address) atau alamat server komputer seperti web server atau email server di internet, agar para pengguna lebih mudah dalam mengakses tanpa harus mengingat dan mengetik IP address server yang terlalu panjang, contoh nama domain seperti  kudiam.com Lalu Bagaimana cara Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis anda, Apa manfaat email marketing untuk bisnis anda? Semua akan saya bahas pada artikel ini.

Ini Lah Cara Nya Bagaimana Untuk Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis Anda.

Bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis anda.Pada era kemajuan teknologi seperti saat ini pasti banyak sekali orang-orang memanfaatkan jaringan internet untuk bisnis online, salah satunya adalah dengan membuat situs website untuk memasarkan produk mereka. Untuk membuat website anda pasti akan memerlukan domain untuk merek bisnis anda, peran domain ini sangatlah penting untuk kemajuan bisnis yang akan dibuat nanti.

Dengan memilih nama domain yang tepat tentu akan membuat brand yang dibangun mudah di ingat oleh seseorang, karena bila memilih nama yang sulit maka akan sulit juga untuk diingat seseorang. Sebelum memilih nama domain yang cocok untuk merek bisnis, anda harus mengetahui beberapa hal yaitu arti nama domain tersebut, manfaat domain tersebut bagi bisnis anda dan cara memilih domain yang bagus untuk merek bisnismu. Berarti dalam hal ini anda harus pintar-pintar dalam memanfaatkan domain untuk bisnis anda.

Arti Ekstensi Domain Beserta Fungsinya

Domain itu nama unik yang digunakan untuk mengakses suatu website. Domain juga mempunyai berbagai jenis ekstensi yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna atau kebutuhan bisnis pengguna, berikut ini adalah daftar ektensi nama domain yang sering digunakan pada website :

  • Arti domain .COM
    Singkatan dari Commersial yang artinya Komersil. Ekstensi domain ini diperuntukkan bisnis secara umum baik pada blog/website perusahaan atau pribadi.
  • Arti domain .NET
    Singkatan dari Network/Networking dan artinya Jaringan. Ekstensi domain ini diperuntukkan untuk nama-nama yang berhubungan dengan jaringan, perusahaan komputer, IT dan layanan-layanan internet sejenisnya. Akan tetapi umumnya penggunaan domain ini juga biasa digunakan untuk apa saja seperti domain dot com, hal itu karena tidak ada persyaratan khusus saat pendaftarannya.
  • Arti domain .ORG
    Org merupakan Singkatan dari Organization (organisasi). Ekstensi ini sangat tepat dan ditujukan untuk blog/website Organisasi, lembaga tertentu atau perkumpulan-perkumpulan. Domain ini juga tidak memiliki syarat khusus untuk mendapatkannya.
  • Arti domain .BIZ
    Biz merupakan Singkatan dari Business (bisnis, usaha). Walaupun BIZ bisa digunakan untuk jenis blog/website apa saja, namun, Ekstensi ini sering dan lebih tepat digunakan untuk usaha/bisnis, lembaga usaha, toko online dan lainnya yang terkait. Ekstensi domain ini sebenarnya hampir sama tujuannya dengan .com dan .net yang bisa dijadikan alternatif jika domain tersebut sudah ada yang punya.
  • Arti domain .INFO
    Info merupakan singkatan dari Information atau Informasi. Domain jenis ini bisa digunakan untuk blog/website apa saja termasuk blog pribadi. Akan tetapi ekstensi domain Info lebih tepat dipakai pada blog/website yang bersifat informasi seperti Kesehatan, Lalu lintas, Sejarah dan yang lain. Menggunakan domain ini tidak memiliki persyaratan khusus untuk mendapatkannya.
  • Arti domain .TV
    Kemungkinan berarti Television. Domain ini ditujukan untuk digunakan pada blog/website yang berisi Entertainment seperti Televisi, Radio, Majalah dan yang lain.
  • Arti domain .Name
    Mempunyai arti Nama, Domain ini ditujukan untuk identitas personal atau keluarga. Domain ini sangat tepat digunakan bagi pemilik blog/website yang ingin mengenang nama/identitas keluarga atau pribadinya sendiri.
  • Arti domain .CO.ID
    Singkatan dari Company Indonesia yang artinya perusahaan Indonesia. Domain ini ditujukan untuk jenis website/blog perusahaan, nama produk maupun merek yang memiliki identitas Indonesia. Untuk mendapatkan domain ini, anda harus memiliki syarat tertentu seperti KTP, Ijin Usaha, SIUP/TDP, NPWP dan Akta Notaris.
  • Arti domain .OR.ID
    Singkatan dari Organization Indonesia yang berarti organisasi Indonesia. Domain ini diperuntukkan untuk website/blog organisasi di Indonesia seperti Ormas, Parpol, LSM dan yang lain. Mendapatkan Domain ini juga harus memiliki syarat tertentu seperti KTP, Akta notaris dan SK Internal Organisasi.
  • Arti domain .AC.ID
    Ac.id merupakan singkatan dari Academy Indonesia atau akademi Indonesia. Domaian ini ditujukan untuk Lembaga pendidikan (akademi) di Indonesia dikhususkan untuk perguruan tinggi, Universitas dan Sekolah tinggi. Harus mempunyai syarat tertentu untuk mendapatkan domain ini seperti KTP, SK Depdiknas Pendirian Lembaga dan SK Pengangkatan Rektor/Pimpinan.
  • Arti domain .SCH.ID
    Sch.Id merupakan singkatan dari School Indonesia atau sekolah indonesia. Domain ini dikhususkan untuk jenis Website/blog bersifat lembaga pendidikan seperti SD, SMP dan SMA/SLTA. Mendapatkan domain ini harus memiliki syarat yaitu KTP dan Surat Permohonan dari Kepala Sekolah.
  • Arti domain .MIL.ID
    Mil.id sebenarnya sama dengan domain MIL, hanya saja perbedaannya terlihat dari Id-nya yaitu Militer Indonesia seperti untuk TNI, TNI AU, TNI AD dan militer lainnya.
  • Arti domain .MY.ID
    My.id adalah domain yang diresmikan dengan status yang sama dengan domain NAME. Perbedaannya hanya terletak pada wilayah di negera Indonesia.
  • Arti domain .EDU
    Singkatan dari Education yang berarti Pendidikan, ditujukan untuk blog/website jenis lembaga Pendidikan.
  • Arti domain .GOV
    Singkatan dari Goverment artinya pemerintahan, ditujukan untuk blog/website jenis lembaga dan instansi Pemerintahan.
  • Arti domain .MIL
    Singkatan dari Military artinya militer, ditujukan untuk blog/website jenis badan kemiliteran.
  • Arti domain .INT
    Singkatan dari International artinya internasional, ditujukan untuk blog/website jenis yang bersifat organisasi/kelompok internasional.
  • Arti domain .SCH
    Singkatan dari Scholl artinya Pendidikan, ditujukan untuk blog/website jenis yang bersifat Lembaga pendidikan seperti tingkat SMA, SMP dan SD.
See also  Berikut Ini Adalah 4 Kebiasaan Trader Pasar Ekuitas yang Sangat Sukses

Jika Anda yang tertarik untuk membeli layanan Domain Murah, anda bisa mencoba layanan dari Rumahweb.com dengan harga yang bersahabat serta kualitas yang cukup baik menurut saya, karena Kurawa.info saya dapatkan dari Rumahweb. Disini anda dapat memilih berbagai jenis nama domain dan berfikirlah untuk memanfaatkan domain untuk bisnis yang sedang anda jalankan saat ini.

Selain menawarkan dengan harga domain yang sangat murah Rumahweb.com juga menyediakan Pelayanan Hosting Murah Dan Jasa pembuatan Website fitur ini sangat cocok bagi anda yang ingin mengembangkan bisnis online di era digital pada saat ini.

Manfaat nama Domain untuk bisnis anda

Memiliki sebuah nama domain dan website memiliki banyak peran penting untuk sebuah bisnis, apalagi untuk anda seorang entrepeneur yang ingin bisnis anda dikenal di internet. Berikut adalah beberapa manfaat website dan domain untuk bisnis anda,

  1. Bisnis anda akan terlihat lebih professional dengan nama domain sebagai label profuk anda.
  2. Produk anda akan lebih mudah diakses.
  3. Meningkatkan Kredibilitas.
  4. Website dan domain dapat digunakan sebagai media promosi.
  5. Investasi Jangka Panjang.
  6. Domain bisa Sebagai Branding dalam bisnis anda.
  7. Lebih mudah dalam bersaing dengan kompetitor.
  8. Mempermudah Informasi.
  9. mudah di akses dan hemat waktu.
  10. Menghemat uang dalam melakukan promosi produk.
  11. dapat menjangkau target pasar yang lebih luas baik nasional atau internasional.

Jika pada tahap pertama, kedua dan ketiga sudah anda pahami dengan betul-betul paham, maka pada tahap selanjutnya adalah cara memilih nama domain untuk bisnis anda.

Tips menentukan nama domain untuk bisnis anda.

Untuk membantu Anda dalam memanfaatkan nama domain untuk bisnis, pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips menentukan nama domain untuk bisnis profesional. Berikut ini penjelasannya:da

See also  Cara Menikmati Sensasi Lain dari Aci Dicolok, Cilok Bakar

#1. Pastikan Nama Domain Mudah Di Eja Dan Di ingat Oleh Pelanggan

Jika nama domain Anda mudah dieja dan di ingat, mungkin Anda akan mempertimbangkan untuk menggunakannya sebagai nama domain website Anda. tetapi, jika nama yang Anda tentukan sulit dieja, lebih baik Anda pertimbangkan untuk menggunakan alternatif nama lain.

Salah satu contohnya adalah nama domain www.kotaklaten.com Nama domain ini mengandung berbagai makna sesuai dengan cerita Pewayangan Yaitu Kurawa keturunan raja, nama domain ini saya pilih untuk menggambarkan website saya ubtuj menjadi raja nya search enggine. Sedangkan .info memiliki arti informasi, berart saya ingin menjadi rajanya segala informasi terkini yang selalu update kabar menarik. Dengan adanya macam-macam ekstensi domain, Anda bisa lebih kreatif untuk memberi nama domain website Anda sebagai label bisnis.

#2. Pertimbangkan untuk Membuat Nama Sesuai Brandmu

Nama domain tidak hanya sekadar nama saja, tetapi juga menjadi label suatu merek bisnis Anda. Brand atau merek adalah cara terbaik untuk mempromosikan karya-karya Anda. Dengan adanya nama domain sesuai brand atau merek, orang-orang akan lebih mempertimbangkan karya-karya yang Anda buat. Sebab nama brand membuat Anda bukan lagi hanya individu yang iseng-iseng dalam membuat suatu karya, tetapi sebuah identisas bisnis profesional.

#3. Buat Nama Domain yang Singkat dan Mudah Diingat

Sebenarnya batas maksimum dalam memilih nama domain untuk website adalah 63 karakter. Namun, bukan berarti Anda harus membuat sebuah nama domain yang panjangnya hingga 63 karakter. Anda bisa saja membuat sebuah nama domain sepanjang itu, tetapi nama terlaku panjangbsangat tidak ideal. domain yang bagus untuk bisnis adalah yang singkat dan mudah diingat.

#4. Pilih Ekstensi Domain yang Tepat Sesuai Bisnismu

Kini pilihan ekstensi untuk nama domain semakin beragam. Pilihan ekstensi domain Anda tidak terbatas hanya pada .COM, .CO.ID, dan .NET saja. Terdapat lebih dari 1200 macam pilihan ekstensi domain yang bisa Anda gunakan. Dari 1200 pilihan ekstensi domain tersebut terdapat beberapa ekstensi domain yang cukup populer digunakan di kalangan bisnis. Beberapa di antaranya adalah .TECH, .SPACE, .WEBSITE, .SITE, .ONLINE, .STORE, .PRESS, dan .FUN.

#5. Hindari Memberi Angka dan Tanda Penghubung Pada Nama Domain

Nama domain yang ideal untuk merek bisnis adalah nama domain yang singkat dan mudah diingat bagi para pelanggan. Beberapa unsur yang perlu Anda hindari dalam penamaan domain adalah angka, tanda penghubung, dan akronim. Angka bisa membingungkan orang dalam ejaannya. Contohny, nama brand Anda adalah Makanan enak. Nama domain ideal untuk brand tersebut adalah www.makananenak.com, bukan www.makanan-enak.com.

Begitu juga dengan tanda hubung. menggunakan Tanda hubung pada nama domain akam membuat sulit diingat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari tanda hubung seperti strip (-) dan underscore (_).

Sebelum menentukan nama domain untuk bisnsi, Anda bisa mengujinya terlebih dahulu dengan menggunakan metode Radio Test.

Radio Test adalah sebuah metode untuk menguji apakah nama domain Anda sudah cukup mudah diingat ketika diucapkan di siaran radio.

#6. Gunakan Kombinasi Kata Kreatif Sesuai Bisnismu

Bisa jadi Anda sudah menemukan dua kombinasi kata yang terdengar unik dan kreatif secara lisan. Misalnya, nama IT Scrap adalah kombinasi kata yang unik dan kreatif untuk nama brand untuk sebuah perusahaan daur ulang teknologi. Akan tetapi, ketika keduanya digabungkan sebagai nama domain (Contoh: www.itscrap.com), kombinasi kedua kata tersebut bisa menyebabkan salah paham. Di contoh tersebut IT Scrap bisa disalahpahami sebagai It’s Crap yang artinya adalah sampah.

See also  Berikut Ini Adalah 5 Ide Bisnis Real Estate yang Dapat Menghasilkan Keuntungan Sangat Besar

Ketika mendaftarkan sebuah nama domain, selalu ingat bahwa nama domain tersebut akan Anda gunakan untuk waktu yang lama dan kesalahan memilih nama domain bisa merugikan Anda.

Sebagai profesional di bidang bisnis, karya Anda adalah salah satu aset terbesar Anda dan agar aset tersebut bisa dikenal lebih banyak orang di internet Anda membutuhkan sebuah identitas online yang baik, yaitu nama domain.

domain yang bagus untuk bisnis tersebut yang akan Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan calon klien dan rekan kerja Anda. Oleh karena itu, nama domain Anda harus kreatif, tetapi tetap menunjukkan profesionalitas Anda. Nama domain yang Anda pilih tidak terbatas hanya domain Indonesia saja namun bisa juga nama domain umum sesuai brand Anda.

Berbagai Manfaat Email Marketing Untuk Bisnis Anda

Memanfaatkan domain dengan menggunakan email marketing adalah salah satu cara juga dalam memasarkan dan mempromosikan produk-produk baru anda secara cepat, hemat dan profesional.

#1. Email Marketing Lebih Bersifat Personal Dan Profesional

Email marketing lebih bersifat personal atau pribadi. Dengan menggunakan email marketing untuk bisnis anda justru akan memberikan perhatian lebih besar dari pelanggan atau calon pelanggan. Karena dalam email marketing akan membawah domain di belakangnya seperti [email protected] dan nama domain di belakang tersebut adalah salah satu label bisnis anda.

#2. Segala Informasi Bisnis Akan Lebih Cepat dan Praktis Tersampaikan

Jika anda sedang melakukan penawaran atau promosi suatu produk melalui media surat pos tentu saja akan dianggap tidak praktis, tidak profesional dan membutuhkan waktu yang cukup lama dibanding email.

Adanya email marketing ini dapat mempermudah Anda dalam segala hal termasuk menjangkau para pelanggan agar lebih mudah dan cepat, karena menggunakan email marketing dapat diterima dimanapun pelanggan anda berada.

#3. Lebih Hemat Biaya Dari Media Promosi lainnya

Email marketing membuat biaya dalam memasarkan suatu produk yang ditanggung penjual akan lebih ringan dibanding dilakukan secara manual seperti lewat pos atau surat fisik lainnya.

#4. Kampanye Dapat Diukur

Kampanye yang Anda lakukan menggunakan email marketing dapat anda lihat setiap waktunya dan mudaj untuk melakukan evaluasi berapa pesan promosi produk yang terkirim pada pelanggan serta respon yang muncul dari pelanggan tersebut. Penyedia iklan juga dapat mengukur statistik hasil dari kampanye produknya melalui Email marketing dengan mudah. Anda juga dapat melakukan pelacakan bagi para pelanggan yang kembali dan tidak kembali sehingga dapat dicarikan solusi terbaiknya.

#5. Kerjasama Dengan Pelanggan

Email marketing dapat membuat pengusaha berinteraksi lebih dalam dengan para pelanggannya. Anda bisa menjalin hubungan yang baik serta saling memberikan saran. Email yang anda kirimkan tidak hanya dalam bentuk penawaran atau promosi saja, anda juga dapat memberikan beberapa tips.

#6. Lebih Mudah Dibagikan Pada Para Pelanggan

Dengan adanya email marketing, membuat para pelanggan dapat berbagi segala penawaran produk serta membagikannya kepada teman-teman yang lain. Pelanggan yang berbagi email, bertindak sebagai pendukung dari merek produk anda. Ini adalah sebuah keuntungan yang membuat pelanggan anda terus bertambah seiring waktunya.

Bagaimana ? Apakah anda sudah dapat mengambil kesimpulan pada artikel ini tentang tata cara Bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis anda. Anda harus bisa memanfaat nama domain, website, email marketing dan sosial media untuk membangun bisnis anda.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.