free stats Kapolres Tanjabar Laporkan Kesiapan Kesiapan Pembentukan “Sekolah Ampuh” - kudiam.com

Kapolres Tanjabar Laporkan Kesiapan Kesiapan Pembentukan “Sekolah Ampuh”

Jambipos, Tanjabar- Kapolres Tanjung Jabung Barat, AKBP Guntur Saputro,SIK,M.Hum melaporkan kesiapan pembentukan “Sekolah Ampuh” di Sektor Pendidikan Menuju New Normal kepada Kapolda Jambi.

Laporan itu disampaikan usai Polres Tanjab Barat menggelar Rakoord Kesiapan Pembentukan “Sekolah Ampuh” di Sektor Pendidikan Menuju New Normal  bersama Gugus Tugas Covid 19 dan Tenaga Pendidik serta instansi terkait dalam rangka kesiapan penerapan protokol kesehatan sektor pendidikan menuju new normal menjelang dibukanya kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah, Senin (15/6/2020).

“Mohon ijin melaporkan Jenderal, Pada Hari Senin tanggal 15 Juni 2020 sekira pukul 09.00 Wib bertempat di Ruang Reconfu Lt 2 Polres Tanjab Barat dilaksanakan Rakoord Polres Tanjab Barat dan tenaga pendidik serta instansi terkait dalam rangka kesiapan protokol kesehatan menuju new normal menjelang proses belajar mengajar di sekolah wilayah hukum Kabupaten Tanjab Barat,” tulis AKBP Guntur Saputro.

Rakoord Kesiapan Pembentukan “Sekolah Ampuh” dihadiri Kapolres Tanjab Barat, Wakapolres Tanjab Barat, Kadis Pendidikan Kab. Tanjab Barat, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Perwakilan BPBD Kab. Tanjab Barat, Perwakilan Rumah Sakit Daud Arif, Kabid Penegak Perda dan Perkada Satpol PP Tanjab Barat dan Para Kepala Sekolah dan Guru se- Kabupaten Tanjab Barat.

Dalam kegiatan Rakoord ini Kapolres Tanjabar AKBP Guntur Saputro menyampaikan beberapa poin penting.

“Terimakasih atas kehadiran kepala sekolah dan perwakilan dinas pendidikan serta Dinas Kesehatan dalam rangka kesiapan Protokol Kesehatan menyambut proses mengajar yang akan dilaksanakan kembali di sekolah,” katanya.

“Mari bersama kita jawab keresahan, kecemasan dan kekhawatiran orang tua dan siswa terkait akan dibukanya kembali giat pendidikan dengan kesiapsiagaan nyata dan keampuhan sekolah dalam mencegah penyebaran covid dan menjaga kesehatan serta keselamatan murid,” ujar AKBP Guntur Saputro.

See also  SKK Migas Lakukan Transfet Aset Bersama KKKS PT Medco E&P Tarakan dan PT Pertamina EP

AKBP Guntur Saputro menambahkan, dengan adanya kebijakan New Normal dari pemerintah dimana salah satunya akan dibukanya kembali aktifitas proses belajar mengajar di sekolah agar Kepala sekolah serta guru menyiapkan penerapan Protokol kesehatan di Sekolah masing-masing.

“Sampai saat ini belum ditemukan vaksin khusus untuk menyembuhkan virus Covid 19 namun salah satu tindakan yang ampuh dalam menangkal Virus Covid yaitu menjaga Pola hidup sehat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” sebut AKBP Guntur Saputro.

“Agar pihak sekolah menyiapkan sarana prasarana protokol kesehatan seperti mewajibkan pakai masker, menyiapkan cuci tangan , Alat Ukur Suhu badan dan penerapan Sosial distancing di dalam kelas,” katanya.

Menurut AKBP Guntur Saputro, perlengkapan dan fasilitas rumah sakit Kab. Tanjab Barat dalam penanganan Virus Covid hingga saat ini belum sempurna , maka dari itu diharapkan  sekolah – sekolah di Kab. Tajab Barat untuk mematuhi protokol kesehatan agar tidak bertambahnya kasus Covid-19.

“Polres Tanjab Barat siap membantu dalam mengecek kesiapan Protokol kesehatan yang nantinya disiapkan oleh pihak sekolah,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, juga ada penyampaian Ketua Gugus Tugas, diwakilkan Staf Ahli Bid Pemerintahan, penyampaian Kadis Pendidikan Kabupaten Tanjab Barat, penyampaian Perwakilan Rumah Sakit Umum Daud Arif, penyampaian perwakilan Guru dan sesi tanya jawab.

Kesimpulan dari Rakor ini meliputi :

1.Pihak Sekolah sepakat mendeklarasikan sebagai Sekolah Ampuh dengan menerapkan protokol kesehatan serta mempersiapkan posko kesehatan awal di setiap sekolah dengan mengedepakan UKS;

2.Tim Gugus tugas Penanganan Coivid dan Polres Tanjab Barat akan melakukan sosilaisasi di sekolah terkait kesiapan protokol kesehatan;

3.Dana Bos yg dialokasikan utk kesiapan prasarana protokol kesehatan agar digunakan untuk mengadakan sarana prasarana Protokol Kesehatan;

See also  Viralnya Ide Kreatif Tenaga Medis Mengatasi Rasa Lapar saat Gunakan APD

4.Pihak Sekolah Agar memberdayakan Lingkungan sekolah seperti kantin untuk menyipakan Protokol kesehatan serta melarang Siswa berkumpul di Kantin;

5.Agar pihak sekolah melakukan koordinasi terhadap Orang tua siswa agar menyiapkan bekal atau alat-alat  makan dari rumah serta mewajibkan menyiapkan masker;

6.Manfaatkan proses belajar daring yg saat ini berlangsung utk mensosialisasikan secara massif dan Kontinyu kepada siswa dan orantua terkait kebiasaan baru beradaptasi menerapkan protokol kesehatan dgn harapan saat nanti dimulainya proses belajar mengajar kebiasaan pola hidup bersih dan sehat sudah terbiasa. (JP-Cah/Asenk Lee)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.