free stats Kasus Covid-19 Meluas di Jambi, Zona Oranye Bertambah 4 Kabupaten - kudiam.com

Kasus Covid-19 Meluas di Jambi, Zona Oranye Bertambah 4 Kabupaten

Jambi, Beritasatu – Sebanyak sembilan kabupaten dan satu kota di Provinsi Jambi kini berstatus zona oranye (risiko sedang) Covid-19. Jumlah daerah berstatus zona oranye Covid-19 tersebut bertambah empat kabupaten.

Adapun empat kabupaten yang naik status menjadi zona oranye Covid-19 sepekan ini di Provinsi Jambi, yaitu Kabupaten Merangin, Tebo, Muarojambi dan Tanjungjabung Timur.

Sedangkan enam daerah yang sudah berstatus zona oranye Covid-19 sejak dua pekan lalu, yakni Kota Jambi, Kabupaten Kerinci, Bungo, Sarolangun, Batanghari, Tanjungjabung Barat. Satu-satunya daerah zona kuning (risiko kecil) Covid-19 di Jambi, yaitu Kota Sungaipenuh.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah menjelaskan, bertambahnya daerah zona oranye Covid-19 di Jambi disebabkan terus bertambahnya kasus positif Covid-19 di seluruh kabupaten di daerah itu.

“Total kasus positif Covid-19 di Provinsi Jambi hingga Minggu (1/11/2020) sudah mencapai 1.230 kasus. Pasien positif Covid-19 di daerah itu yang sembuh sekitar 607 orang, meninggal 23 orang dan pasien yang masih dirawat sekitar 660 orang,” kata Johansyah, di Jambi, Minggu (1/11/2020).

Dijelaskan, kasus positif Covid-19 paling tinggi di Provinsi Jambi terdapat di Kota Jambi, yakni sebanyak 483 kasus dan enam kasus meninggal. Kemudian kasus positif Covid-19 di Kabupaten Muarojambi sebanyak 155 kasus satu kasus meninggal, Tanjungjabung Barat (138 kasus, tiga kasus meninggal) dan Sarolangun (111 kasus, nihil kasus meninggal).

Sedangkan kasus Covid-19 di Kabupaten Bungo 91 kasus dan tiga kasu meninggal, Batanghari (88 kasus, dua kasus meninggal), Merangin (53 kasus, satu kasus meninggal), Kerinci (40 kasus, tiga kasus meninggal ), Tebo (22 kasus, empat kasus meninggal), Tanjungjabung Timur (21 kasus, nihil kasus meninggal) dan Kota Sungaipeniuh (28 kasus, nihil kasus meninggal) .

See also  Update Terkini Covid-19 Kota Jambi

Untuk mempercepat penurunan kasus Covid-19 di di Jambi, lanjut Johansyah, Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Restuardy Daud menginstruksikan para bupati dan wali kota di daerah tersebut terus meningkatkan kampanye 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menjaga jarak.

“Selain itu, seluruh satuan tugas penanganan Covid-19 pemerintah kabupaten dan kota di Jambi tetap diminta mengintensifkan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Terkait pertambahan kasus Covid-19 di Jambi pasca libur panjang akhir Oktober hingga awal November ini, Johansyah mengatakan, datanya belum bisa diperoleh karena belum ada hasil pemeriksaan rapid test yang dilakukan terhadap pengunjung dan pemudik di daerah itu.

“Mungkin akhir pekan baru bisa diketahui pertambahan kasus positif Covid-19, usai libur panjang setelah pengunjung destinasi wisata dan pemudik, menjalami rapid test,” tandasnya.(JP_SP)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.