free stats KPU Jambi Tingkatkan Sosialisasi Pilkada Aman Covid-19 - kudiam.com

KPU Jambi Tingkatkan Sosialisasi Pilkada Aman Covid-19

Jambi, Jambipos– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi meningkatkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang aman dari penularan virus corona (Covid-19). Sosialisai keamanan pilkada di tengah pandemi Covid-19 tersebut bukan hanya kepada warga masyarakat, tetapi juga kepada para penyelenggara pilkada.

Ketua KPU Provinsi Jambi, HM Subhan menjelaskan, pihaknya berupaya melaksanakan seluruh tahapan kegiatan pilkada yang benar-benar aman dari penularan Covid-19. Untuk itu protokoler kesehatan dan keamanan Covid-19 pada pelaksanaan seluruh tahapan pilkada di Jambi diterapkan secara ketat.

Dijelaskan, cukup banyak kerawanan terhadap penularan Covid-19 dalam pelaksanaan pilkada pada masa tatanan kehidupan baru (new normal) saat ini. Kerawanan pilkada masa new normal tersebut antara lain kerawanan resiko kesehatan yaitu resiko tertular Covid- 19 di kalangan penyelenggara, peserta dan pemilih. Karena itu kegiatan tahapan pilkada tersebut harus mematuhu protokoler kesehatan Covid-19, yakni disiplin menggunakan masker, cuci tangan dan physical distancing (jaga jarak).

Kemudian, lanjut HM Subhan, pilkada di tenga pandemi Covid-19 juga rawan terhadap pemanfaatan program bantuan sosial menjadi alat kampanye. Kemudian pemanfaatan anggaran atau fasilitas pemerintah oleh calon petahana untuk kampanye dan politik uang. Bantuan pemerintah dalam mengatasi kesulitan masyarakat dimanfaatkan untuk mensosialisasikan diri misalnya dalam bentuk bansos dan lain-lain.

“Pemanfaatan anggaran dan fasilitas pemeintah oleh calon petahana ini perlu dicegah karena hal tersebut hanya yang menguntungkan calon petahana namun merugikan pasangan calon lain. Selain itu kerawanan politik uang juga harus dicegah karena di tengah kondisi ekonomi masyarakat yang sulit dalam masa pandemi Covid 19 peluang politik uang semakin besar,” ujarnya.

See also  Al Haris Minta Para Kades Membangun Desa, Bukan Untuk Cari Kaya

HM Subhan mengatakan, pihaknya terus melanjutkan tahapan pilkada di tengah new normal pandemi Covid-19 saat ini. Tahapan pilkada yang sedang dilaksanakan KPU se-Provinsi Jambi saat ini, yaitu pemutakhiran data pemilih. Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Serentak 2020 se-Provinsi Jambi yang kini sedang diverifikasi ulang mencapai 2, juta orang. Sekitar 73.806 orang (2,98 persen) di antaranya pemilih pemula. Pemilih yang belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), tetapi sduah masuh DPT sekitar 45.981 orang.

Selain melakukan pemutakhiran DPT, lanjut HM Subhan, KPU Provinsi Jambi juga menambah tempat pemungutan suara (TPS) untuk mengurangi jumlah pemilih di satu TPS. Jumlah TPS pada pilkada serentak di Jambi bertambah dari 7.000 TPS menjadi 7.747 TPS atau bertambah 747 TPS baru. (JP-SP)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.