free stats Manfaat berbuka puasa dengan yang manis-manis selama bulan puasa - kudiam.com

Manfaat berbuka puasa dengan yang manis-manis selama bulan puasa

Manfaat berbuka puasa dengan yang manis-manis selama bulan puasakudiam.com – Pada saat puasa, kita pasti akan membutuhkan energi yang banyak. Oleh karena itu, umat Islam disarankan untuk makan sahur atau berbuka puasa dengan makanan manis,

Saat kita berpuasa, proses kerja organ tubuh (metabolisme) akan melambat. Hal ini dikarenakan nutrisi (makanan dan minuman) pada jam-jam pertama cahaya telah banyak hilang setelah seharian melakukan berbagai aktivitas.

Glukosa adalah sumber utama bahan bakar dalam tubuh. Namun, saat seseorang berpuasa, kadar gula dalam tubuh akan menurun karena berbagai aktivitas yang dijalani.

Salah satu cara untuk meningkatkan kadar glukosa adalah dengan mengonsumsi makanan manis, agar proses metabolisme dapat kembali normal seperti sedia kala.

1. Makanan manis cepat olah tubuh

Makanan atau minuman manis merupakan sumber kalori yang mudah diolah oleh tubuh. Inilah alasan mengapa Anda harus makan sesuatu yang manis saat berbuka puasa.

Dengan begitu, energi dan stamina tubuh kita yang sempat hilang bisa langsung pulih kembali. Tak hanya itu, rasanya yang manis juga bisa meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh, sehingga proses metabolisme bisa kembali berjalan seperti sedia kala.

2. Mengembalikan energi

Makanan atau minuman yang manis tentunya mengandung energi yang berasal dari gula, gula akan menghasilkan insulin yang pada akhirnya memberikan energi.

Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan atau minuman manis sangat baik untuk kesehatan.

3. Mengontrol gula darah

Manfaat makan makanan manis seperti kurma mengandung fruktosa yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Dengan kandungan gula dan serat, buah ini memiliki kendali atas glukosa. Serat dalam kurma dapat mencegah kadar glukosa melonjak terlalu tinggi.

Buah ini umumnya sangat baik untuk dimakan siapa saja karena memiliki catatan glikemik yang rendah dan mencegah diabetes.

See also  Jelaskan Perbedaan Kegiatan Operasional Perusahaan Manufaktur dan Perusahaan Jasa Berikut Ini

4. Sumber energi cadangan

Manfaat mengkonsumsi manisan saat berbuka puasa, sebagai penambah energi. Jika Anda rutin makan kurma saat buka puasa pertama dan buka puasa, kandungan glukosa dalam buah dapat memberikan jumlah kalori yang cukup untuk digunakan sebagai sumber tambahan bahan bakar bagi tubuh.

Konsumsi Makanan Manis Secukupnya

Usahakan untuk tidak bernafsu, lalu Anda makan semua makanan saat berbuka puasa. Sebaiknya konsumsi makanan dan minuman dengan pemanis alami, seperti kurma, atau buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi.

Selain air, buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Meski dianjurkan, jangan sampai Anda mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan. Mengkonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan sebenarnya tidak baik, karena akan menyebabkan kegemukan. Pastikan juga makanan atau minuman manis yang Anda konsumsi tidak mengandung pemanis buatan.

Pemanis buatan justru akan mendorong kenaikan berat badan setelah Ramadhan. Sejujurnya, jika diakhiri dengan pola makan yang baik dan benar, puasa berhasil menurunkan berat badan.

Demikianlah 4 manfaat berbuka puasa dengan yang manis-manis selama masa puasa. Mungkin berguna.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.