free stats Manfaat Oncom Bagi Kesehatan, Salah Satunya Menjaga Berat Badan - kudiam.com

Manfaat Oncom Bagi Kesehatan, Salah Satunya Menjaga Berat Badan

Manfaat Oncom Bagi Kesehatan, Salah Satunya Menjaga Berat Badankudiam.com – hai gaes jumpa lagi sama admin disini yang akan memberikan informasi Oncom merupakan makanan khas Indonesia yang populer, khususnya di Jawa Barat. Ada dua model oncom di pasaran, yakni oncom merah dan oncom hitam.

Oncom merah terbuat dari bungkil kedelai (Ampas mengetahui) dengan proses fermentasi yang melibatkan kapang Neurospora intermedia atau Neurospora sitophila.

Sementara oncom hitam terbuat dari campuran bungkil kacang tanah dan tepung tapioka. Proses fermentasi product ini menggunakan kapang Rhizopus oligosporus yang juga digunakan didalam pembuatan tempe.

Tak hanya murah ternyata makanan fermentasi ini mempunyai kandungan zat gizi yang cukup lengkap.

Dengan makan oncom, Kamu akan mendapatkan protein, serat, karbohidrat, lemak, air, zat besi, kalium, dan juga natrium. Berikut ini manfaat oncom bagi kesehatan.

1. Mengurangi kolesterol

Manfaat mengkonsumsi oncom pertama adalah kurangi kolesterol dan tingkatkan ekskresi steroid tinja.

Takaran serat pada oncom juga bisa merangsang produksi rantai pendek asam lemak oleh mikroflora usus sehingga kandungan kolesterol di dalam tubuh juga ikut berkurang.

2.Melancarkan peredaran darah

Kegunaan oncom berikutnya, yaitu bisa melancarkan peredaran darah. Oncom merupakan makanan yang tidak telalu memiliki banyak fans karna dinilai tidak kurang bersih dan juga bentuk dan warna yang tidak menarik.

Akan tetapi perlu Kamu tahu, ternyata oncom baik untuk melancarkan peredaran darah. karna oncom punya kandungan retinol dan asam resinoat yang merupakan senyawa yang bekerja untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

3. Mengontrol berat badan

Kegunaan mengkonsumsi oncom berikutnya bisa mengontrol berat badan. Oncom memiliki kandungan tiga makronutrien yang signifikan untuk tubuh, yaitu karbohidrat, lemak, dan protein.

See also  Download Nekopoi.care APK Versi Terbaru Update

Takaran protein di dalam oncom dikenal dapat membuat Kamu jadi lebih cepat kenyang dengan sedikit makanan. Menaikkan asupan protein ini bisa jadi pilihan untuk Kamu yang ingin mempertahankan berat badan.

4. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat oncom lainnya adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Seorang yang mengonsumsi protein dengan cukup dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Dengan mengonsumsi oncon dapat mengurangi risiko osteoporosis. Terlebih untuk wanita yang sudah menopause, karena berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh sangatlah penting sebab dengan menjaga atau meningkatkan kekebalan tubuh maka tubuh tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan karena bakteri virus maupun jamur.

kandungan vitamin A yang terdapat di dalam oncom sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang ada di dalam tubuh kita,  sehingga dengan kandungan ini maka kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit yang tidak kita inginkan.

6. Sumber energi bagi tubuh

Dengan banyaknya vitamin yang ada di dalam oncom ini ternyata mampu mengambil banyak manfaat pada kesehatan tubuh, diantara manfaat tersebut salah satunya adalah sebagai sumber energi.

Energi dibutuhkan bagi kesehatan, dengan tubuh yang memiliki energi yang banyak, maka akan kuat untuk melakukan segala aktivitas.

Selain itu metabolisme pada tubuh ini pun akan lebih kuat dan akan lebih sering terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan tubuh.

 

Akhir kata

Demikian ulasan mengenai manfaat Oncom Bagi Kesehatan, salah Satunya Mengontrol Berat Badan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.