free stats Mempersiapkan Masa Depan dengan Investasi Diusia Muda - kudiam.com

Mempersiapkan Masa Depan dengan Investasi Diusia Muda

Jambipos-Investasi secara umum diartikan dengan menanamkan modal untuk dikembangkan dengan harapan mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat pada jangka waktu yang telah ditentukan di masa depan. Investasi yang tepat dapat menguntungkan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk investasi jangka pendek biasanya dalam hitungan bulan atau beberapa tahun saja, sedangkan jangka panjang untung rentang waktu berpuluh-puluh tahun.

Investasi merupakan hal yang penting karena menjadi jaminan kita di masa depan. Tidak melulu membutuhkan modal yang besar, di zaman yang sudah semakin berkembang ini investasi bahkan bisa dilakukan sejak muda dengan modal yang kecil.

Kebanyakan orang berpikir bahwa investasi memiliki resiko yang tinggi namun saat ini investasi sudah semakin mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk mahasiswa. Di zaman yang modern ini sudah banyak mahasiswa yang melakukan investasi untuk mempersiapkan masa depannya karena pada dasarnya mahasiswa di tuntut untuk lebih dewasa dan mandiri.

Untuk memulai berinvestasi, diperlukan persiapan yang cukup  matang berupa pengetahuan-pengetahuan tentang seluk beluk investasi dan dibutuhkan pengambilan keputusan yang tepat karena investasi dikenal dapat memberikan keuntungan yang besar namun memiliki resiko yang besar juga.

Dengan berinvestasi sejak usia muda, kita akan mendapatkan manfaat atau keuntungan yaitu semakin paham untuk mengatur dan mengelola keuangan sendiri, dapat menghindari perilaku boros dan untuk mengatur skala prioritas dalam keuangan karena kita akan memilih mengalokasikan keuangan kita untuk berinvestasi daripada membelanjakan untuk sesuatu yang kurang penting, menambah pemasukan dan uang yang dimiliki, dan poin yang terpenting adalah kita bisa mempersiapkan masa depan yang cerah dan dengan berinvestasi sehingga dapat disebut dengan “muda berinvestasi, tua kaya raya”.

See also  Panglima TNI Mutasi 47 Pati, Termasuk Kepala Bais

Investasi yang pertama yang paling mudah untuk dilakukan yaitu reksadana. Reksadana merupakan salah satu alternatif investasi yang sangat cocok bagi orang yang hanya memiliki modal kecil, tidak memiliki banyak waktu dan keahlian dalam mengelola investasinya karena dana yang diinvestasikan tidak dikelola sendiri melainkan dikelola oleh seorang manajer investasi dalam sebuah portofolio.

Perlu diketahui bahwa reksadana terbagi dalam beberapa jenis yaitu reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana pendapatan tetap dan reksadana campuran. Untuk reksadana pasar sendiri merupakan yang paling cocok bagi mahasiswa yang masih belajar dalam berinvestasi karena memiliki tingkat risiko yang paling rendah, dan untuk reksadana saham memiliki potensi keuntungan tinggi namun dengan risiko yang cukup tinggi juga.

Investasi yang cukup mudah dilakukan adalah berinvestasi dalam bentuk perhiasan atau lebih tepatnya investasi emas, yang mana investasi ini cukup cocok untuk mahasiswa karena tidak terlalu membahayakan jika dilakukan dengan persiapan yang cukup. Investasi emas dirasa cukup memberikan tingkat keuntungan yang besar karena nilai emas cenderung meningkat dalam jangka panjang.

Melakukan investasi emas relatif lebih aman namun tetap ada kemungkinan investasi tersebut dapat merugikan diri sendiri jika tidak berhati-hati atau melakukan kesalahan dalam memulai investasi tersebut. Salah satu cara agar terhindar dari kesalahan tersebut yaitu kita harus memperhatikan beberapa hal seperti harus memeriksa kemurnian emas yang akan diinvestasikan, saat akan membeli emas perlu membandingkan harga dari berbagai tempat agar bisa mendapatkan emas dengan harga terbaik, dan agar dapat dipastikan untung kita harus memantau perubahan harga emas dan membeli emas saat harganya rendah lalu dimasa depan dijual pada saat harga emas meningkat.

See also  Daya Rusak Narkoba Lebih Dahsyat daripada Korupsi dan Terorisme

Berikutnya ada yang disebut dengan investasi saham. Bermain saham merupakan salah satu investasi untuk mengamankan masa depan. Namun dalam bermain saham diperlukan kehati-hatian agar tidak merugi karena investasi saham cukup berisiko. Pastikan agar kamu benar-benar siap saat akan memulai investasi saham mulai dari kesiapan modal dan pengetahuan.

Investasi saham yaitu membeli saham(penyertaan kepemilikan) pada suatu perusahaan dimana investor tersebut dapat disebut juga sebagai bagian dari pemilik perusahaan yang mana jika perusahaan untung maka para investor pada perusahaan tersebut juga mendapat keuntungan. Namun sebelum memulai investasi ini perlu untuk mempelajari tentang saham agar dapat memilih saham yang memiliki prospek yang bagus dengan melakukan analisis.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan berinvestasi kita dapat mempersiapkan masa depan yang sehat dan cerah asalkan didasarkan atas pengtahuan, pertimbangan, serta  keputusan yang tepat dan matang. Dalam berinvestasi tidak boleh gegabah dalam setiap langkap dan dalam mengambil keputusan.

Pada dasarnya tidak ada investasi yang memberikan keuntungan tinggi tanpa adanya risiko. Investasi memang menguntungkan, namun semakin tinggi tingkat keuntungannya maka akan semakin tinggi pula potensi risiko yang akan dihadapi. Maka persiapkanlah diri untuk berinvestasi demi masa depan yang gemilang nanti.(JP-Penulis Adalah Mahasiswi Politeknik Keuangan Negara STAN)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.