free stats Menghidupkan Roh Safari Ramadan di Tengah Pandemi - kudiam.com

Menghidupkan Roh Safari Ramadan di Tengah Pandemi

Jambi, Jambipos– Safari Ramadan dan acara buka puasa puasa di wilayah Provinsi Jambi dalam musim Ramadan tahun ini tidak dapat dinikmati warga karena pemerintah provinsi setempat meniadakannya terkait tindakan memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19.

Namun, kendati safari Ramadan dan acara buka puasa bersama ditiadakan, roh safari Ramadan dan buka puasa di Jambi tetap dihidupkan. Silaturahmi unsur pimpinan daerah dengan berbagai kalangan masyarakat di Jambi dilakukan dalam bentuk aksi peduli sosial. Jajaran Pemprov Jambi dengan berbagai kalangan masyarakat selama Ramadan terwujud dalam bentuk pembagian kebutuhan pokok kepada warga masyarakat terdampak corona.

Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi misalnya sudah beberapakali melakukan aksi sosial pemberian paket kebutuhan pokok dan kunjungan silaturahmi dengan warga masyarakat kecil terdampak corona. Di antaranya kunjungan dan pemberian bantuan paket kebutuhan pokok kepada tukang tambal sepatu, pedagang kaki lima, tukang ojek, petugas kebersihan, perajin, lanjut usia (lansia), panti-panti asuhan.

“Bantuan yang kami berikan berbentuk paket kebutuhan pokok beras lima kilogram, minyak gorang dan gula pasir masing-masing satu kilogram, masker dan uang Rp 100.000/kepala keluarga. Kendati sedikit, kiranya bantuan ini bisa membantu warga yang sedang menghadapi kesulitan di tengah pandemi dan bulan Ramadan,”katanya.

Rahima Fachrori berpesan agar perjain dan lansia tidak patah semangat menghadapi kesulitan hidup saat ini. Para perajin batik di Jambi diharapkan tidak larut dalam kesedihan dan tetap meneruskan aktivitas produksi agar bisa dijual baik secara langsung maupun dengan dalam jaringan (daring) atau online.

See also  Hendra/Ahsan Semangat Baru Indonesia Menuju Olimpiade Tokyo

Sementara itu Gubernur Jambi, Fachrori Jambi juga mengintensifkan pemberian bantuan aksi sosial kepada para korban pandemi corona di bulan Ramadan ini. Korban pandemi corona yang sudah mendapatkan bantuan paket kebutuhan pokok di Jambi beberapa bulan terakhir berasal dari para pekerja yang dirumahkan dan kelompok masyarakat berpenghasilan tidak tetap.

Fachrori Umar, lebih lanjut mengatakan, pihaknya kembali melakukan kunjungan silaturahmi dan pemberian bantuan kepada anak-anak panti asuhan di Panti Asuhan Baiturahman, Kota Jambi, Jumat (8/5/2020). Bantuan tersebut terdiri dari uang tunai puluhan juta, makanan siap saji, kue kering, puluhan karung beras, susu, masker dan sanitizer.

“Anak-anak miskin yang diasuh dip anti asuhan tersebut sebanyak 35 orang, 22 orang putra dan 13 orang putri. Anak -anak asuh di panti tersebut ini berasal dari Kabupaten Sarolangun, Merangin, Tebo dan Muarojambi,”katanya.

Kepala Panti Asuhan Baituraman Ariyanti pada kesempatan tersebut menyambut baik lehadiran Gubernur Jambi dan bantuan yang diberikan.

“Kami merasa diperhatikan berkat kehadiran di Pak Gubernur Jambi dan bantuan yang diberikan. Anak-anak pun tambah semangat karena dikunjungi Pak Gubernur Jambi. Kami fokus memberikan bantuan untuk tetap menjalin silaturahmi karena saat ini tidak ada safari Ramadan dan buka puasa bersama,”katanya.

Fachrori Umar lebih lanjut mengatakan, dalam waktu dekat, Pemprov Jambi juga menyalurkan bantuan jaring pengaman sosial (JPS) kepada 30.000 kepala keluarga (KK) terdampak corona. Penyaluran bantuan JPS tersebut paling lambat pekan depan sudah dilakukan.

“Saat ini kami masih menunggu pelaporan data keluarga penerima JPS dari seluruh kabupaten kota. Paling pambat, Selasa (12/5/2020), kabupaten dan kota di Jambi sudah menyerahkan data pasti keluarga penerima JPS terdampak corona,”katanya.

See also  Jhon Very Sihaloho ST Resmi Jabat Ketua F-SPTI Provinsi Jambi

Sementara Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, Sudirman di Jambi, Sabtu (9/5) mengatakan, total dana yang disiapkan untuk bantuan JPS untuk orang pandemi corona di dua kota dan sembilan kabupaten mencapai Rp 44 miliar.

Dijelaskan, masing-masing keluarga mendapatkan bantuan JPS sebesar Rp 600.000/bulan/kk selama tiga bulan, mulai Mei, Juni dan Juli. Bantuan tersebut berbentuk paket kebutuhan pokok senilai Rp 350.000/kk/bulan selama tiga bulan dan dan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 250.000/kk/bulan selama tiga bulan.

“Bantuan tersebut langsung didistribusikan pihak PT Kantor Pos Jambi kepada para penerima bantuan,”katanya.(JP-SP)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.