free stats Molekul : Pengertian, Jenis, dan Contoh Senyawanya - kudiam.com

Molekul : Pengertian, Jenis, dan Contoh Senyawanya

Molekul : Pengertian, Jenis, dan Contoh Senyawanyakudiam.com – hai gaes jumpa lagi sama admin disini yang akan memberikan informasi Sebuah iota atau lebih yang menempel satu sama lain, dapat melekat satu sama lain dan ikatan nuklir membentuk spesies lain yang dapat disebut partikel.

Molekul terdiri dari berbagai atom yang bergabung dengan ikatan kovalen, dan atom-atom ini berkisar dari yang tidak banyak (dari atom tunggal, seperti gas mulia) hingga jumlah yang sangat besar (seperti dalam polimer, protein, atau bahkan DNA).

Partikel adalah kumpulan atom (sekitar dua) yang diperkuat kuat (secara kovalen) dalam rencana tertentu dan bermuatan tidak memihak dan cukup stabil.

Dengan kata lain, partikel adalah campuran dari beberapa atom dan diisolasi menjadi dua jenis, yaitu molekul alami dan molekul senyawa.

Atom melekat satu sama lain, dua atom dan, yang mengejutkan, banyak atom dapat menempel satu sama lain dan ikatan nuklir membentuk spesies lain yang disebut partikel.

Jenis-jenis Molekul

1. Menurut unsur pembentuknya

Seperti yang ditunjukkan oleh unsur-unsur penyusunnya, molekul dibuat menjadi molekul alami dan molekul senyawa.

a. Molekul unsur

Molekul unsur adalah molekul yang terbentuk dari molekul iota dengan unsur yang sama. Salah satu molekul seperti hodrogen (gas) terbentuk dari dua molekul sejenis yaitu hidrogen yang saling berikatan.

Demikian pula molekul-molekul unsur lain yang terdiri dari atom-atom yang sama kapasitasnya sebagai unsur-unsur penyusun partikel.

Contoh molekul unsur :

  • Triatom, yaitu molekul yang terbentuk dari gabungan tiga atom. Contohnya, O3 (ozon).
  • Tetraatom, yaitu molekul yang terbentuk dari gabungan empat atom. Contoh: P4 (posfor).
  • Poliatomik, yaitu molekul yang terbentuk dari tiga atom atau lebih.

b. Molekul senyawa

Molekul senyawa adalah molekul yang terbentuk dari dua atau lebih atom unsur yang saling berbeda berikatan satu sama lain.

See also  Update Gabriel Monteiro Vídeo Twitter Link New

Contoh molekul senyawa :

  • CO2 (karbondioksida) merupakan gabungan dari 1 atom karbon ( C ) dan 2 atom oksigen (O).
  • H2SO4, merupakan gabungan dari 2 atom hidrogen (H), 1 atom sulfur (S), dan 4 atom oksigen (O).
  • H2O, merupakan gabungan dari 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom oksigen (O)
  • Dari contoh molekul senyawa tersebut, molekul HCl misalnya terbentuk dari sebuah atom hidrogen, dan sebuah atom klor yang keduanya saling berikatan. Begitu pula pada molekul-molekul senyawa lainnya.

2. Berdasarkan  jumlah atom pembentuknya

Berdasarkan jumlah atom penyusun partikel, partikel dibedakan menjadi dua, yaitu molekul diatomik dan molekul poliatomik.

a. Molekul diatomik

Partikel diatomik adalah atom yang berbentuk yang hanya terdiri dari dua atom, dimana kedua atom tersebut dapat merupakan unsur yang sama atau berbeda. Awalan di-dalam kata diatomik berasal dari kata Yunani yang berarti dua.

Berikut ini beberapa contoh molekul unsur diatomik.

  • Hidrogen H2
  • Nitrogen N2
  • Oksigen O2
  • Fluor F2
  • Klor Cl2

b. Molekul poliatomik

Partikel poliatomik adalah atom yang terdiri dari lebih dari dua atom. Senyawa poliatomik dapat dibentuk dari kation monoatomik dengan anion poliatomik atau kation poliatomik dengan anion monoatomik/poliatomik.

Contoh ion poliatomik dan senyawanya :

 

Akhir kata

Demikianlah pengertian molekul, jenis, dan contoh senyawa. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.