free stats Pengertian Umbi Batang Beserta Contohnya Dan Tips Cara Budidaya - kudiam.com

Pengertian Umbi Batang Beserta Contohnya Dan Tips Cara Budidaya

Pengertian Umbi Batang Beserta Contohnya Dan Tips Cara BudidayaJambipos.id –Pengertian Umbi Batang Beserta Contohnya Umbi batang (Tuber cauligenum) ialah batang yang tumbuh dan berkembang didalam tanah, di mana sisi ujungnya akan menggelembung menjadi umbi.

Sebetulnya umbi batang sebagai cadangan makanan untuk flora. Sisi permukaan umbi batang akan banyak sisik, dan di bagian kuncupnya akan menyebabkan mata tunas.

Ini Dia Pengertian Umbi Batang Beserta Contohnya

Dengan begitu, pengertian umbi batang ialah akar yang berumbi, di mana akar ini bisa tumbuhkan tunas serupa didalam batang flora pada umumnya.

Gara-gara kekuatannya munculkan tunas dan akar, dikarenakan itu umbi batang sering digunakan oleh petani sebagai bahan vegetatif alami.

Kategorisasi ilmiah umbi batang ialah seperti berikut.

  • Devisi : Spermatophita
  • Subdevisi : Angiospermae
  • Kelas : Dikotiledon
  • Ordo : Solanales
  • Kerabat : Tuberaceae
  • Genus : Tuber
  • Spesies : Tuber cauligenum

Morofologi Umbi Batang

1. Daun

Umbi batang memiliki daun yang rimbun berupa bulat telur meruncing. Tulang daun flora umbi batang menyirip.rona daun hijau, ada pula yang abu-abu dan merah dengan permukaan bawah daun sebabkan bulu-bulu.daun umbi batang berperan untuk daerah memproses makanan melalui proses fotosintesis.

2. Batang

Umbi batang punya batang miliki rongga berupa segiempat atau segilima. Tekstus batangnya lumayan keras, rona hijau tua dengan pigmen ungu.

Diameter batang lebih tidak cukup 50 cm hingga 120 cm. Ada tiga wujud batang didalam tumbuhan umbi batang, yakni tegak, menyebar, dan menebar.

3. Akar

Secara generik, akar umbi batang miliki ciri-ciri menyebar mirip ukuran yang kecil dan lembut. Akar umbi batang rona putih dan memiliki energi masuk ke tanah hingga kedalaman lebih tidak cukup 45 cm. Akar umbi batang umumnya menggerombol dengan kedalaman tanah sekitaran 25 cm.

See also  Bagaimana Cara Untuk Pakai Kode Nuklir di Telegram dengan Sangat Mudah,Begini Cara Nya

4. Bunga

Bunga pada umbi batang mempunyai ukuran cukup kecil dan umumnya miliki rona merah, ungu, atau putih. Bunga umbi batang umumnya punya persentase solonim. Solonim ialah senyawa yang punya kandungan toksin tinggi, sampai beresiko bila dimakan.

Cara Budidaya Umbi Batang

Budidaya umbi batang mencakup tiga tahapan, yakni penyeleksian bibit, penanaman, dan perawatan.

1. Penyeleksian Bibit

Bibit umbi batang bisa diputuskan yang sudah tua dengan mutu baik. Bibit yang bagus miliki ukuran memadai besar, yakni di bagian permukaan berasa lembut dan tidak ada stigma.

Sehabis diputuskan, umbi batang ditempatkan pada lokasi yang sejuk dan lembab, dan terserang matahari yang memadai.

Biarkan sepanjang dua minggu hingga umbi banyak tunas baru. Bila tunas sudah dengan tinggi 5-10 cm, dikarenakan itu akar mulai tercipta dan tumbuh.

2. Penanaman

Sementara sebelum penanaman bibit, lebih pernah dibikin genre drainasi disekitaran daerah yang hendak ditanam dengan lebar 5-10 cm dengan kedalaman 5-10 cm. Ini punyai tujuan untuk menghambat banjir selagi penyiraman dilakukan.

Persiapkan bibit umbi yang hendak ditanamkan, diputuskan yang sudah bertunas, tidak stigma, dan miliki optimal dua mata tunas. Bila lebih berasal dari dua mata tunas, dikarenakan itu kudu dipotong dan keunggulannya bisa ditanamkan terpisah.

Buat gundukan pada daerah yang hendak ditanam dan lubang tanam. Jeda tanam dibikin sekitaran 10-15 cm dengan kedalaman lubang 3-5 cm. Seterusnya masukan bibit umbi batang ke lubang tanam dan timbun dengan tanah.

3. Perawatan

Perawatan umbi batang bisa dikerjakan dengan penyiraman tiap pagi dan sore. Disamping itu, berikan pupuk organik tiap dua minggu sekali dengan teratur. Bila dibutuhkan, kerjakan pengaturan gulma dan hama penyakit.

See also  Cara Menggunakan Aplikasi Get Name Di Handphone

Hal yang berarti menjadi perhatian sepanjang perawatan, bila batangnya sudah tumbuh tinggi, sebab itu selalu tambah gundukan tanah dan sisakan ujung flora dengan tinggi sekitaran 10 cm agar umbi masih tetap bisa tumbuh baik.

Contoh Umbi Batang

Berikut contoh-contoh umbi batang yang kerap diperbudidayakan di bagian pertanian.

1. Kentang

Kentang (Solabum tuberosum) termasuk didalam ordo Solanales dan keluarga Solanaceae. Flora kentang mampir berasal dari Amerika Selatan dan masuk ke kelompok perrenial berupa perdu.

Di negara aslinya, kentang dijadikan makanan dasar untuk mayoritas warga. Kentang sebagai umbi-umbian pemroduksi karbohidrat untuk sumber daya badan.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar (Ipomoea batatas) adalah umbi-umbian yang kaya karbohidrat. Di sejumlah wilayah, umbi jalar disebutkan ketela rambat.

Ubi jalar termasuk di dalam kerabat Convolvulaceae dan ordo solanales. Ada tiga model ubi jalar, yakni ubi jalar ungu, ubi jalar kuning, dan ubi jalar merah. Ubi jalar sering dijadikan makanan dasar atau makanan pendamping.

3. Bengkuang

Bengkuang sebagai umbi-umbian yang tidak memerlukan banyak air. Flora bengkuang selagi untuk diperbudidayakan pada kebun, tegalan, atau area tadah hujan.

Bengkuang miliki takaran memadai banyak air, sampai baik sekali untuk supply cairan pada tubuh. Disamping itu, bengkuang berfungsi juga untuk menjaga kebugaran badan.

Bengkuang miliki kadar air yang memadai banyak sampai bagus untuk supply cairan pada tubuh. Buah ini banyak punya manfaat untuk kesegaran badan dan terdapat banyak takaran gizinya.

akhir kata

Begitu pembahasan mengenai Pengertian Umbi Batang Beserta Contohnya Dan Cara Budidaya. Mudah-mudahan berguna.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.