free stats Puasa Ramadhan 2022 Jatuh Pada Sabtu Atau Minggu? Cek Hasil Sidang Isbat 1 Ramadhan 1443 - kudiam.com

Puasa Ramadhan 2022 Jatuh Pada Sabtu Atau Minggu? Cek Hasil Sidang Isbat 1 Ramadhan 1443

Kudiam.com – Otoritas publik melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat 2022 atau sidang penetapan awal Ramadhan 1443 Hijriah/2020 M.

Pelaksanaan sidang isbat ini merupakan agenda tahunan yang pasti dilakukan untuk menjadi sumber wawasan bagi umat Islam di tanah air untuk memulai ibadah Ramadhan. Lalu, kapan penyisihan isbat 2022? Berikut jadwal, tahapan, dan tautan live streaming:

Jadwal sidang Isbat Ramadhan 2022 

Berdasarkan keterangan otoritas di situs Kementerian Agama, pendahuluan penetapan awal Ramadhan kali ini akan dilaksanakan pada Jumat (1/4/2022) atau 29 Syakban 1443 H.

Jadwal pelaksanaan ini sesuai aturan Majelis Ulama Indonesia (MUI), bahwa sidang isbat menjelang awal Ramadhan selalu dilaksanakan pada tanggal 29 Syakban.

Sidang isbat akan diarahkan ke web dan terputus. Sesi ISBAT terputus akan diadakan di Auditorium HM. Rasjidi Kementerian Agama, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

Proses pendahuluan akan dimulai pukul 17.00 WIB hingga selesai.

Direktur Pembinaan Agama Islam dan Syariah (Urais Binsyar) Kementerian Agama Adib mengatakan sidang ISBAT akan dihadiri oleh para duta besar dari negara sahabat hingga perwakilan ormas Islam.

Selain itu, ada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kelompok Penyatuan Kalender Hijriah Kementerian Agama, MUI, Komisi VIII DPR RI, dan peserta lainnya.

Tahapan sidang Isbat Ramadhan 2022 

Adib menerangkan, sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap.

1. Pemaparan posisi hilal 

Pertama, penyajian posisi hilal menjelang awal Ramadhan 1443 H berdasarkan hasil retribusi atau perhitungan astronomis.

Presentasi diselesaikan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB. “Sesi ini terbuka dan akan disiarkan melalui live streaming,” kata Adib.

See also  Dandim Sarko Turut Sambut Kunker Pj Gubernur Ke Kabupaten Sarolangun

2. Sidang Isbat 

Tahap kedua, pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1443 Hijriah. Sidang ini digelar jauh dari sorotan publik usai Sholat Maghrib. Selain informasi retribusi, isbat pendahuluan juga akan menyinggung hasil rukyatul hilal atau penegasan yang dilakukan oleh Tim Kementerian Agama di 78 lokasi di seluruh Indonesia.

3. Konferensi pers 

Terakhir, tahap ketiga adalah jumpa pers hasil pendahuluan isbat. “Tahap ketiga adalah press video chat hasil isbat pendahuluan,” kata Adib.

Press meeting akan disiarkan langsung oleh TVRI dan akun media sosial Kementerian Agama.

Bagi Anda yang perlu menyaksikan prosesi awal Isbat menjelang awal Ramadhan 1443 H, Anda dapat mengakses tautan berikut:

  • Melalui Live streaming TVRI: https://tvri.go.id/live
  • YouTube Kemenag RI: https://youtube.com/c/KementerianAgamaPusat
  • Instagram @kemenag_ri: https://instagram.com/kemenag_ri

Lantas, kapan awal Ramadhan 2022? puasa Ramadhan 2022 dan tanggal berapa?

Muhammadiyah 

Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah pada Sabtu (2/4/2022), berdasarkan hasil retribusi definitif hilal.

Ketentuan ini tertuang dalam Deklarasi Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H.

Selain 1 Ramadhan 1443 H, Muhammadiyah juga menetapkan 1 Syawal, 1 Zulhijah, Hari Arafah, dan Idul Adha 1443 H.

1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022 dan 1 Zulhijah jatuh pada tanggal 30 Juni 2022.

NU dan Kemenag 

Nahdlatul Ulama (NU) dan Kementerian Agama (Kemenag) belum mengeluarkan keputusan terkait dimulainya Ramadhan 2022.

Dalam menentukan awal Ramadhan, NU menggunakan strategi rukyatul hilal yang diselesaikan di 35 titik di seluruh Indonesia.

Karena pengamatan hilal dilakukan pada tanggal 29 Hijriah, maka penetapan hilal akan dilakukan pada tanggal tersebut.

Usai menggelar rukyatul hilal, otoritas publik akan memimpin sidang isbat untuk memutuskan awal Ramadhan. Kementerian Agama telah menetapkan 101 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.