free stats Simak 5 Minuman Aman untuk Penderita Asam Lambung Saat Puasa - kudiam.com

Simak 5 Minuman Aman untuk Penderita Asam Lambung Saat Puasa

Simak 5 Minuman Aman untuk Penderita Asam Lambung Saat Puasakudiam.com – Naiknya asam lambung sering terjadi secara tiba-tiba, sehingga Anda harus berhati-hati, terutama saat sedang berpuasa.

Penderita asam lambung harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat menyebabkan asam lambung naik.

Korosif lambung sebenarnya adalah sejenis cairan dalam sistem pencernaan yang terkandung di dalam lambung dan terdiri dari asam klorida (HCl), kalium klorida (KCl), dan natrium klorida (NaCl).

Kelenjar pencernaan dalam kapasitas perut untuk memberikan jus lambung yang digunakan untuk membantu mencerna makanan. Dalam getah lambung ini terdapat asam lambung.

Cairan asam di perut memainkan pekerjaan penting dalam pencernaan protein, dengan mengubah enzim pencernaan yang memisahkan protein menjadi rantai panjang asam amino.

Gejala Asam Lambung Naik

Naiknya asam lambung digambarkan dengan beberapa gejala. Salah satu gejala gangguan pencernaan adalah regurgitasi, yaitu suatu kondisi dimana asam lambung di lambung akan naik kembali ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa asam dan pahit di mulut.

Selain itu, naiknya asam lambung juga digambarkan dengan rasa sesak di dada dan rasa sakit di ulu hati. Kejengkelan akan semakin kuat setelah makan dan saat membungkuk.

Gejala lainnya adalah mengalami masalah menelan makanan. Merasa seperti ada firasat jauh di dalam jiwa Anda ketika Anda menelan.

Naiknya asam lambung juga sering menyebabkan laringitis, yaitu gangguan pada laring dan pita suara yang menyebabkan sakit tenggorokan, sehingga menyebabkan suara menjadi serak.

Penderita asam lambung yang sedang berpuasa, tidak perlu khawatir dengan gejala sakit maag, asalkan makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak menyebabkan kondisi tersebut.

Beberapa makanan yang memicu naiknya asam lambung adalah sebagai berikut.

1. Makanan yang mengandung gas, seperti sawi dan kol.

See also  Oknum Polwan Cantik Terlibat Video Asusila Kini Menghilang, Berikut Ini Sosok Briptu Christy

2. Makanan berserat tinggi.

3. Makanan yang sulit dicerna, seperti keju.

4. Makanan yang dapat merusak lapisan lambung, seperti makanan yang mengandung cuka dan pedas.

Khusus untuk minuman, jauhkan dari minuman yang memiliki tingkat keasaman tinggi yang menyebabkan asam lambung naik. Jauhi minuman yang merangsang pembentukan asam lambung, seperti espresso, minuman keras, dan susu full cream.

Berikut 5 minuman yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung saat berpuasa.

1. Teh Herbal

Penderita asam lambung bisa memilih teh herbal sebagai minuman yang aman dikonsumsi saat berpuasa. Teh herbal membantu melancarkan sistem pencernaan makanan.

Selain itu, mengonsumsi teh herbal juga dapat meredakan rasa mual yang Anda rasakan, sebagai gejala sakit maag.

Namun, tidak banyak teh herbal yang direkomendasikan untuk penderita asam lambung. Jenis teh herbal dari daun peppermint ini tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang menderita asam lambung.

Ini karena peppermint dapat memicu refluks lambung untuk individu dengan sistem pencernaan yang sensitif.

Anda dapat memiliki teh herbal tanpa kasein, seperti teh licorice. Teh licorice dari akar manis bermanfaat untuk meningkatkan lapisan lendir di kerongkongan, sehingga terhindar dari iritasi karena naiknya asam lambung.

2. Air Mineral

Air mineral merupakan jenis minuman yang paling aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung saat berpuasa. Rutin minum air mineral ternyata bisa mengobati penyakit asam lambung.

Minum air mineral secukupnya juga siap menghilangkan kekeringan dan membuat tubuh segar kembali.

Meski begitu, Anda juga harus berhati-hati dalam meminum air mineral. Minum air mineral dalam jumlah berlebihan dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh dan meningkatkan risiko gangguan pencernaan.

3. Susu Sayur

Susu nabati merupakan minuman yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Susu nabati yang bisa dipilih, seperti susu kedelai dan susu almond.

See also  Viral Video Li Chang Scandal Angelloweee Real Name

Susu kedelai mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan jenis susu lainnya, sehingga dapat mencegah naiknya asam lambung.

Sedangkan susu almond mengandung sifat dasar yang dapat membantu membunuh asam lambung dan meredakan gejala.

4. Jus

Jus yang direkomendasikan untuk penderita asam lambung adalah jus dari buah-buahan atau sayuran yang rendah zat korosif.

Buah-buahan dengan zat korosif rendah termasuk biji, bit, dan semangka. Sedangkan sayuran dengan zat korosif rendah, seperti wortel, mentimun, dan bayam.

Buah jeruk, seperti jeruk, nanas, dan apel tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung, karena dapat menyebabkan asam lambung naik.

Susu rendah lemak atau susu skim juga dianjurkan bagi penderita asam lambung, karena aman dikonsumsi.

Susu rendah lemak dipilih karena mudah dicerna, sehingga kerongkongan akan tetap aman sekaligus menjaga asam lambung turun ke kerongkongan.

Susu sapi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena mengandung lemak yang tinggi, sehingga sulit untuk dicerna oleh tubuh.

Kandungan lemak yang tinggi dalam susu sapi dapat melunakkan katup kerongkongan, yang membuka jalan bagi asam lambung untuk naik ke kerongkongan.

5. Air Kelapa

Air kelapa bisa menjadi pilihan yang aman dan bagus untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Air kelapa mudah didapat, apalagi saat bulan Ramadhan, banyak penjual kelapa muda di pinggir jalan.

Air kelapa mengandung satu ton potasium yang berguna untuk menjaga keseimbangan keasaman atau pH dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi air kelapa, kadar lambung akan lebih mudah dikontrol, sehingga menurunkan risiko sakit maag.

Demikianlah 5 jenis minuman yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung saat berpuasa. Mungkin berguna.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.