free stats Sungai Batanghari Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir - kudiam.com

Sungai Batanghari Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Sedikitnya 300 unit rumah warga Kecamatan Batin XXIV dan Marosebo Ulu, Batanghari terendam banjir. Ketinggian air Sungai Batanghari di Muara Bulian, Batanghari sudah mencapai 2,95 meter.

Jambipos, Jambi- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi menaikkan status banjir dari waspada menjadi siaga menyusul terus meningkatnya luapan Sungai Batanghari di daerah itu. Meluapnya sungai tersebut menyebabkan sedikitnya 300 unit rumah warga Kecamatan Batin XXIV dan Marosebo Ulu, Batanghari terendam banjir.

“Ketinggian air Sungai Batanghari di Muara Bulian, Batanghari sudah mencapai 2,95 meter atau memasuki level III dengan status siaga. Kenaikan luapan Sungai Batanghari dua hari terakhir mencapai 15–20 meter setiap hari. Kami mengimbau warga masyarakat, terutama anak-anak melakukan aktivitas di dekat sungai mencegah jatuhnya korban jiwa,”ujar Sekretaris BPBD Batanghari, Samral di Muarabulian, Batanghari, Jambi, Selasa (5/3/2019).

Menurut Samral, luapan Sungai Batanghari di Kabupaten Batanghari menyebabkan beberapa desa di Kecamatan Bathin XXIV dan Marosebo Ulu yang berada di daerah aliran sungai (DAS) Batanghari terendam. Berdasarkan pantauan BPBD Batanghari di lapangan, sekitar 325 unit rumah warga Desa Aurgading terendam. Kemudian puluhan rumah dan dua sekolah di Desa Kembarsari serta Desa Olakbesar, Kecamatan Marosebo Ulu juga sudah terendam banjir.

“Bila ketinggian luapan Sungai Batanghari mencapai 3,5 meter lagi atau naik 50 centimeter dari kondisi Selasa yang mencapai 2,95 meter, banjir di Batanghari bakal meluas ke 86 desa/kelurahan di tujuh kecamatan. Karena itu kami sudah mengeluarkan imbauan siaga banjir ke seluruh desa rawan banjir,” katanya.

Dijelaskan, pihaknya terus meningkatkan pemantauan luapan Sungai Batanghari guna antisipasi banjir besar. Taruna Siaga Bencana Kabupaten Batanghari dan petugas BPBD Batanghari sudah diterjunkan ke setiap desa memantau kondisi luapan Sungai Batanghari.

See also  Mengungkap Fakta Terbaru Persidangan Kasus Ketok Palu DPRD Provinsi Jambi

“Kami juga mengadakan rapat khusus mengantisipasi meluasnya banjir di Batanghari. Banjir di daerah ini bakal meluas menyusul banjir kiriman dari daerah hulu, Kabupaten Sarolangun dan Bungo. Kemudian curah hujan di Batanghari juga diperkirakan masih tinggi hingga pekan depan,”katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Aurgading, Batanghari, Suwandi mengatakan, dari 325 kepala keluarga (KK) warga desa tersebut yang terpapar banjir belum ada yang mengungsi. Warga masih bisa bertahan di rumah mereka karena ketinggian banjir masih sebatas lutut orang dewasa.

“Jika banjir naik 50 centimeter lagi, warga terpaksa mengungsi. Seluruh warga desa sudah siaga banjir dan siap mengungsi jika banjir terus naik,”katanya.(JP-SP)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.