free stats Tambah Dana Rp 23 M, Jambi Siap Gelar Pilkada Serentak - kudiam.com

Tambah Dana Rp 23 M, Jambi Siap Gelar Pilkada Serentak

Jambi, Jambipos – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi siap menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 sesuai protokoler kesehatan dan keamanan pandemi virus corona (Covid-19). Pemprov Jambi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu provinsi, kabupaten/kota se-Provinsi Jambi sudah memantapkan persiapan pelaksanaan pilkada sesuai dengan protokoler Covid-19.

“Saat ini persiapan yang masih dimatangkan Pemprov Jambi, pemerintah kabupaten dan kota, KPU dan Bawaslu se-Provinsi Jambi, yaitu penyesuaian anggaran pilkada menyusul adanya penambahan tempat pemungutan suara (TPS), petugas, fasilitas kesehatan dan kamanan Covid-19. Tahapan pilkada sesuai protokoler Covid-19 sudah dipersiapkan mulai dari kampanye, pemungutan hingga penghitungan suara,”kata Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jambi, Sudirman di Jambi, Senin (15/6/2020).

Menurut Sudirman, untuk memenuhi standar protokoler kesehatan dan keamanan Covid-19, KPU Provinsi Jambi menambah 767 TPS. Kemudian KPU dan Pemprov Jambi juga harus menyiapkan sarana dan prasarana kesehatan dan keamanan terkait Covid-19, yaitu penyediaan masker, sarung tangan, hand sanitizer serta tempat untuk cuci tangan di setiap TPS.

Sudirman mengatakan, Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Jambi dilaksanakan di tingkat provinsi untuk pemilihan Gubernur Jambi, dan tingkat kabupaten/kota. Pilkada di tingkat kabupaten/kota di daerah itu dilaksanakan, Kabupaten Batanghari, Bungo, Tanjungjabung Barat, Tanungjabung Timur dan Kota Sungaipenuh.

“Kami mengharapkan Pemprov Jambi, pemerintah kabupaten/kota, KPU dan Bawaslu se-Provinsi Jambi mempersiapkan dan menyelenggarakan pilkada serentak sebaik baiknya sesuai protokoler Covid-19. Hal ini penting agar partisipasi pemilih pada pilklada serentak nanti tidak menurun,”katanya.

See also  Ajak Sukseskan Pemilu, Ketum PBNU: Bila Perlu Habis Nyoblos Dangdutan

Tambahan Anggaran
Sementara itu Ketua KPU Provinsi Jambi, HM Subhan mengatakan, anggaran pelaksanaan pilkada serentak 2020 se-Provinsi Jambi di tengah pendemi Covid-19 bertambah sekitar Rp 23 miliar. Penambahan anggaran tersebut dibutuhkan untuk pengadaan alat pelindung diri (APD) seluruh penyelenggara pilkada, biaya penambahan TPS, honor tenaga tambahan penyelenggara pilkada dan kelengkapan sarana kesehatan Covid-19.

“Sesuai dengan arahan pamerintah mengenai pencegahan penularan Covid-19, kami benar-benar berupaya menjamin keamanan penyelenggaraan pilkada dari ancaman Covid-19. Untuk itu APD dan sarana kesehatan protokoler Covid-19 harus lengkap,”katanya.

Dijelaskan, total anggaran awal Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Jambi mencapai Rp 180,5 miliar. Tambahan anggaran pilkada serentak di tengah pandemi Covid-19 sekitar Rp 23 miliar. Sekitar Rp 4 miliar dana tambahan tersebut digunakan untuk pengadaan sekitar 700 TPS baru, kotak suara, bilik suara dan petugas KPPS.(JP-SP)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.