free stats Tips Memelihara Dan Membudidayakan Ikan Neon Tetra - kudiam.com

Tips Memelihara Dan Membudidayakan Ikan Neon Tetra

Tips Memelihara Dan Membudidayakan Ikan Neon Tetrakudiam.com – Tips Budidaya dan Budidaya Neon Tetras – Neon tetra adalah ikan air tawar dari perairan hitam dan jernih cekungan Amazon Amerika Selatan. Memiliki warna yang cemerlang membuat neon tetra tetap terlihat di air dengan aliran hitam yang kusam. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa spesies ini menjadi terkenal di kalangan pecinta ikan hias.

Cara Memelihara Ikan Neon Tetra

Di alam liar, neon tetra dapat bertahan selama 10 tahun di perairan yang lembut dan asam dengan pH 4,0 hingga 4,8. Untuk pH akuarium yang ideal yaitu 7,0 bisa juga 6,0 hingga 8,0 dan bisa bertahan 2-3 tahun di akuarium.

Neon tetra adalah ikan shoaling yang dapat dipelihara dalam kelompok tidak kurang dari 6 individu, tetapi akan lebih dinamis jika berkelompok 8-12 atau lebih.

Berikut cara memelihara neon tetra di akuarium

Persiapan akuarium ikan neon tetra

Di alam liar, neon tetra dapat bertahan selama 10 tahun di perairan yang lembut dan asam dengan pH 4,0 hingga 4,8. Untuk pH akuarium yang ideal yaitu 7,0 bisa juga 6,0 hingga 8,0 dan bisa bertahan 2-3 tahun di akuarium.

Neon tetra adalah ikan shoaling yang dapat dipelihara dalam kelompok seperti 6 individu, tetapi akan lebih dinamis jika mereka Neon tetra atau ikan neon dianggap lebih mudah untuk dipelihara di akuarium berukuran sekitar 10 galon atau sekitar 40 liter air dengan suhu 21-27 derajat Celcius.

Karena ikan ini sangat peka terhadap perubahan kondisi air, maka cara memelihara ikan neon tetra harus diperhatikan terlebih dahulu untuk masuk ke dalam air akuarium. Ketika Anda telah membeli ikan, jangan terburu-buru untuk memindahkannya ke akuarium.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan ikan neon tetra yang masih terbungkus plastik ke dalam akuarium yang berisi air. Tunggu sekitar 45 menit dan setelah itu buka plastik pembungkus ikan.

Agar tidak terlalu rumit, pemilik hanya perlu menjaga keseimbangan kualitas dan suhu air. Jaga agar air tetap hangat pada suhu 70-81 derajat Fahrenheit atau 21-27 derajat Celcius.

Gunakan filter dalam atau luar. Kemudian ganti air sekitar 25% dari total air di akuarium satu kali setiap minggu.

See also  Clickworkers Xyz Aplikasi Penghasil Uang Apa Benar Terbukti Membayar

Di wilayah lokal mereka, neon tetra hidup di air yang kusam dan memiliki akar dan daun pohon di dasarnya. Oleh karena itu, dalam mengembangkan ikan neon tetra, pemilik perlu memilah akuarium dengan menambahkan tanaman air, bebatuan, dan tempat penyimpanan ikan. Strategi ini pada umumnya disebut aquascape.

Selain itu, neon tetra paling baik disimpan di tangki yang kokoh untuk mencerminkan lingkungan amazon alami mereka.e dalam kelompok 8-12 atau lebih.

Berikut cara memelihara neon tetra di akuarium

Makanan ikan neon tetra

Neon tetra adalah omnivora sehingga pemiliknya dapat memeliharanya seperti ikan hias lainnya. Seperti pakan hidup, pakan buatan hingga pakan beku. Karena cukup kecil, pemilik harus memberinya makanan dengan ukuran kecil.

Beberapa makanan kecil seperti udang air payau, daphnia, cacing darah kering, tubifex.

Merawat pelet tenggelam sangat ideal, karena sebagian besar merek ini menggabungkan penambah warna alami yang menonjolkan warna neon tetra. Beberapa makanan beku, termasuk cacing darah beku, mengubah pola makan.

Cara Membudidayakan ikan neon tetra

Selain untuk dipelihara sebagai penghias akuarium, membudidayakan neon tetra saat ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Berikut adalah cara membudidayakan ikan neon tetra :

Memilih indukan ikan neon tetra

Untuk memilih indukan, maka haruslah mengetahui perbedaan antara jantan dan betina dengan cirri berikut :

Jantan memiliki ukuran tubuh lebih kecil dan lebih panjang dari betina, warna sisiknya lebih terang serta kontras daripada warna betina, mempunyai gerakan lebih agresif, ketika musim breeding jantan akan terus mengejar sang betina.

Betina tubuhnya berukuran lebih gemuk dan lebar dari neon jantan, gerakannya lebih lamban serta tidak agresif, badannya lebih pendek, mempunyai warna gelap yang tidak secerah jantan, saat musim breeding akan dikejar – kejar oleh ikan jantan.

Persiapkan indukan jantan dan betina dengan perbandingan 1  : 1, dengan isian minimal 3 ekor jantan dan 3 betina, serta maksimal diisi 6 pasang ikan neon tetra.

Persiapan tempat memijah ikan neon tetra

Untuk tempat pemijahan ikan neon tetra dapat menggunakan bak berukuran besar, kolam ikan ataupun akuarium. Di sini dijelaskan tempat pemijahan dari kolam dengan ukuran panjang 40 cm, lebar 20 cm serta tinggi 20 cm.

See also  Inilah Cara Mudah Convert Word ke PDF dan Sebaliknya

Beri tambahan beraneka tanaman air hidup pada akuarium yang berfungsi untuk meletakkan telur ikan nantinya.

Usahakan agar suhu air tetap terjaga antara 22 – 24 derajat celcius dan keasaman air di akuarium dengan ph air 6. Agar mendapat air akuarium yang sesuai dengan suhu dan keasaman maka sebaiknya air diendapkan selama satu ahri atau 24 jam.

Proses pemijahan ikan neon tetra

Setelah tempat pemijahan siap, maka selanjutnya lakukan proses pemijahan. Langkah pertama yakni memasukkan semua indukan neon tetra pada akuarium pemijahan.

Lalu tutup akuarium menggunakan plastic berguna untuk menghindari debu masuk dalam akuarium yang mampu menggotori akuarium yang menyebabkan terganggunya proses pemijahan.

Perlu diingat, sebelum menutup akuarium berilah pakan bergizi pada ikan terlebih dahulu. Kemudian tutup semua bagian akuarium hingga tertutup dan akuarium gelap. Biarkan selama 3 hari, sebab ikan neon tetra akan mengalami kehamilan kurang lebih 2 hari setelah terjadi perkawinan.

Setelah 24 jam atau lebih maka telur ikan akan menetas, namun tidak semua telur menetas. Hal ini dikarenakan telur tersebut kemungkinan tidak terkena sel telur ikan jantan, yang pada akhirnya telur tersebut akan mati.

Ketika telur menetas maka anakan tidak perlu diberi makan selama 4 hari sebab masih ada cadangan makanan dari kuning telur. Saat kandungan makanan dari kuning telur tersebut habis maka berilah pakan burayak neon tetra berupa rotifer.

Usahakan agar akuarium tetap tertutup selama satu minggu, hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan anakan neon tetra, dan jangan lupa untuk memberinya pakan secara rutin.

Perawatan burayak ikan neon tetra

Apabila burayak telah berumur sekitar satu minggu maka pindahkan anakan pada akuarium lebih besar. Saat memindahkan masukkan juga air pada akuarium lama ke akuarium baru, dan lakukan pemindahan pada pagi hari.

Beri makan anakan ikan dengan pakan alami berupa cacing beku, cacing sutera atau micropelet 2 kali sehari. Lakukan penggantian air selama 2 – 3 minggu sekali agar air tetap steril dan anakan tetap sehat.

See also  Link Video Xxnamexx Mean Xxii Xxiii Xxiv Jepang Sub Indonesia 2022 (Update)

Yang harus diperhatikan adalah saat mengganti air, maka air tersebut harus disuling dahulu dengan cara diendapkan selama 24 jam. Jika ingin lebih menghemat air pasang lah filter pada akuarium tersebut dan usahakan filter tidak mempunyai rongga besar, dirisaukan anakan neon tetra bisa kesedot ke dalam filter akuarium.

Jenis – jenis ikan neon tetra

Ikan neon tetra memiliki banyak jenis yang dapat dibedakan dari warna pada tubuhnya, beda jenisnya tentu akan berbeda pula harganya. berikut adalah jenis – jenis ikan neon tetra :

Neon tetra

Ikan neon tetra memiliki 3 warna pada tubuhnya yang cukup kontras, yakni warna perak berkilau pada bagian perutnya, biru di punggungnya serta merah pada bagian ekor hingga sirip tengahnya.

Jenis ini juga bisa terlihat menyala seperti lampu neon saat berada pada tempat gelap dan ketika ikan bergerak aktif. Namun saat ikan istirahat atau diam warnanya akan meredup menjadi abu – abu.

Cardinal neon tetra

Jenis cardinal neon tetra hampir sama dengan neon tetra, perbedaannya adalah pada garis berwarna merah yang dimilikinya. Untuk neon tetra hanya dari ekor sampai sirip tengah saja, sedangkan cardinal garis merah penuh dari kepala hingga ekornya.

Black neon tetra

Berbeda dengan kedua jenis di atas black neon tetra memilii warna silver dengan garis horizontal berwarna hitam memanjang dari kepala sampai ekor. Serta terdapat garis putih di atas garis hitam.

Diamond tetra

Ikan jenis ini mempunyai bentuk tubuh melebar berwarna silver mengkilap pada tubuhnya serta mempunyai tanda unik berwarna merah di atas pupil matanya.

Glowlight tetra

Jenis glowlight tetra ini juga disebut neon api, dan merupakan jenis yang paling mahal di antara yang lainnya. Karena jenis ikan neon ini cukup sulit untuk dilacak. Ikan ini memiliki tubuh yang mengkilat dengan warna kuning seperti api yang menghanguskan.

Neon semacam ini akan lebih menarik jika pencahayaan di tempat-tempat ini cukup bagus. Karena tempat yang indah dapat menunjukkan desain tubuh yang sangat indah. Namun pada saat pemijahan pemilik harus membuat ruangan benar-benar redup, karena ikan ini peka terhadap cahaya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.