free stats Tips Memilih Perusahaan yang Tepat Dalam Trading Saham - kudiam.com

Tips Memilih Perusahaan yang Tepat Dalam Trading Saham

Tips Memilih Perusahaan yang Tepat Dalam Trading Sahamkudiam.com – Memilih corporate yang tepat untuk berinvestasi adalah langkah pertama untuk laba finansial jangka panjang. Namun berasal dari sekian banyak corporate yang terdaftar di Bei, bagaimana memilih corporate mana yang memberi return pada portfolio Kamu?

Analisis mendasar mesti ditunaikan.  Kamu perlu menyaksikan sebuah corporate secara seluruhnya, baik suasana corporate pas ini maupun prospek ke depan. Sumber analisis mendasar mampu berasal berasal dari laporan keuangan corporate, laporan tahun, sampai data berasal dari bermacam institusi yang relevan pada perusahan yang dianalisis.

Analisis mendasar bisa ditunaikan secara top-down maupun bottom-up. analisis top-down dimulai lihat suasana ekonomi makro, sesudah itu mengamati kondisi industri dan kelanjutannya menganalisa corporate individu. pas analisis bottom-up adalah kebalikannya.

Didalam mengamati corporate secara individu, investor sanggup mengenakan rasio-rasio untuk memperjelas tren perubahan antarperiode dan mempermudah perbandingan antarperusahaan: rasio likuiditas, solvabilitas, manajemen aset, profitabilitas, dan rasio nilai pasar.

Rasio likuiditas berfungsi mengukur kemampuan corporate membayar utang bisnis jangka pendek, sedangkan rasio solvabilitas mengukur kemampuan membayar utang jangka panjang. Rasio manajemen aset mengukur kemampuan corporate di dalam mengelola aset layaknya persediaan dan aset tetap.

Rasio profitabilitas mengukur kemampuan corporate menghasilkan nilai tambah bagi para pemilik saham dan juga sebagai ukuran efisiensi corporate. Rasio nilai pasar memberi tambahan citra harga corporate dibanding nilai buku corporate itu. Berikut adalah urutan rasio yang generik digunakan:

current ratio, net gearing, inventory turnover, return on equity, dan price-to-earnings (pe) ratio.

Selain itu, ada beberapa rule of thumb yang dapat dipertimbangkan untuk memilih perusahaan dalam investasi saham:

  • Ukuran perusahaan: perusahaan dengan kapitalisasi pasar yang besar biasanya memiliki track record yang baik.
  • Perusahaan yang memiliki pangsa pasar yang tinggi dan memiliki jenis-jenis produk yang real dapat dipertimbangkan.
  • Perusahaan yang bergerak di industri yang sedang mengalami pertumbuhan pesat, laba perusahaannya dapat meningkat dengan lebih baik.
  • Struktur permodalan yang baik dengan net gearing yang terjaga.
  • Manajemen perusahaan memiliki strategi ekspansi yang terukur dan realistis.
  • Kebijakan pembagian dividen yang jelas, sehingga investor dapat menikmati pendapatan berulang (recurring income) dalam bentuk pembagian dividen.
  • Price-to-earnings ratio yang wajar jika dibandingkan dengan perusahaan yang sejenis.
See also  Impor Melalui "E-Commerce" Kena Bea Masuk? Ketahui Dampaknya!

>>3 Tips Persiapan Sebelum Investasi Saham Online<<

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.