free stats Walhi Minta Jambi Lebih Serius Tangani Penyebaran Covid-19 - kudiam.com

Walhi Minta Jambi Lebih Serius Tangani Penyebaran Covid-19

Jambi, Jambipos– Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Provinsi Jambi meminta seluruh jajaran pemerintah provinsi, kota dan kabupaten lebih serius menangani penyebaran virus corona (Covid-19) menyusul meningkatnya kasus positif corona di Provinsi Jambi saat ini. Bertambahnya pasien positif corona dari dua orang menjadi enam orang sepekan terakhir mengindikasikan bahwa upaya pencegahan penyebaran virus mematikan di daerah itu belum maksimal.

“Pasien positif corona di Jambi saat ini sudah mencapai enam orang. Empat orang pasien positif corona terdata sepekan terakhir. Pemprov Jambi, pemerintah kota, kabupaten dan segenap jajaran instansi terkait harus lebih serius menyikapi persoalan ini. Penanganan corona ini bukan hanya melakukan himbauan-himbauan kepada masyarakat, namun harus disertai tindakan nyata seperti dilakukan daerah lain di Jawa,” kata Direktur Eksekutif Daerah Walhi Jambi di Jambi, Kamis (16/4/2020).

Menurut Rudiansyah, untuk meningkatkan pencegahan penyebaran virus corona di Jambi, Pemprov Jambi, pemerintah kota dan kabupaten bisa mengambil langkah seperti yang beberapa daerah di Pulau Jawa, yakni melakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) atau tindakan lain.

Selain itu, lanjut Rudiansyah, Pemprov Jambi, kota dan kabupaten di provinsi itu juga diharapkan meningkatkan perlindungan perlindungan dan penghormatan sebesar-besarnya kepada seluruh tenaga kesehatan (dokter, perawat dan para pekerja pendukungnya) yang telah bekerja menjadi garda terdepan melawan pendemik corona. Para tenaga medis di daerah itu perlu difasilitasi alat pelindung diri (APD) yang lengkap dan mencukupi.

See also  363 Desa dan 77 Kelurahan di Jambi Siaga Banjir

“Kami juga mengajak seluruh masyarakat luas di Provinsi Jambi untuk terus bersama-sama melakukan dan mempratikkan perilaki hidup sehat dan bersih dan mulai menjaga jarak pada kegiatan sosial (physical distancing) mencegah penyebaran virus corona,”katanya.

Sementara itu Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah mengatakan, jumlah pasien positif corona di Provinsi Jambi hingga Kamis (16/4) tercatat enam orang. Dua orang pasien positif corona tersebut terdata pekan ini.

“Seorang pasien positif corona berasal dari Kota Jambi. Pasien 06 positif corona di Jambi ini seorang laki-laki berusia 66 tahun. Pasien ini memiliki riwayat perjalanan dari Makassar, Sulawsi Selatan mengikuti acara keagamaan. Pasien tersebut masih dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Manap Kota Jambi,”katanya.

Dikatakan, total orang dalam pengawasan (ODP) di Provinsi Jambi saat ini sekitar 468 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 13 orang dan pasien yang uji laboratorium cairan tenggorokan (swab) sebanyak 6 orang. (JP-SP)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.